7 Minuman ini bisa mengurangi gejala asam lambung, bisa dicoba!

Senin, 13 September 2021 | 09:01 WIB Sumber: Kompas.com
7 Minuman ini bisa mengurangi gejala asam lambung, bisa dicoba!

ILUSTRASI. Kita perlu tahu minuman apa saja yang boleh dan yang perlu dibatasi agar asam lambung tidak naik.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang rentan terkena serangan penyakit asam lambung, Anda tentunya harus mengatur pola makan sebaik mungkin. Sebab, salah memilih makanan bisa membuat gejala asam lambung kian kambuh, seperti batuk, mual, atau sakit tenggorokan. 

Tidak hanya memilih jenis makanan, kita juga perlu tahu minuman apa saja yang boleh dan yang perlu dibatasi agar asam lambung tidak naik. Kabar baiknya, ada beberapa minuman yang aman dan ampuh meredakan gejala asam lambung. 

Namun, sebaiknya kita tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan kondisi kesehatan. 

1. Teh herbal 

Kalau merasa asam lambung sedang naik, coba redakan gejalanya dengan minum teh herbal. Teh herbal dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meredakan rasa mual. Perlu dicatat bahwa tidak semua teh herbal boleh dikonsumsi. 

Pilih teh herbal yang bebas kafein, seperti teh chamomile dan licorice. Teh licorice alias akar manis bermanfaat untuk meningkatkan lapisan lendir di esofagus sehingga terlindungi dari iritasi akibat asam lambung. 

Baca Juga: Asam urat bisa picu komplikasi berbahaya, kenali 5 cirinya!

Cara penyajiannya cukup mudah. Seduh satu sendok teh herbal ke dalam satu cangkir air panas, lalu diamkan selama 5 sampai 10 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum dua sampai empat cangkir teh herbal sambil beristirahat. 

Jenis teh herbal yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita asam lambung adalah teh dari daun peppermint. Ini karena peppermint dapat memicu refluks asam lambung bagi beberapa orang yang sistem pencernaannya cenderung sensitif. 

Meski demikian, tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk minum teh herbal. 

Baca Juga: 5 Obat herbal untuk asam urat ini sangat ampuh meredakan nyeri, mau coba?

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru