kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45998,34   4,74   0.48%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh: Bisa untuk Diet dan Turunkan Gula Darah


Sabtu, 21 Mei 2022 / 09:24 WIB
7 Manfaat Timun untuk Kesehatan Tubuh: Bisa untuk Diet dan Turunkan Gula Darah
ILUSTRASI. Ilustrasi Manfaat Timun.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Di Indonesia, buah timun atau mentimun lazim dijadikan sebagai bahan lalapan makanan. Rupanya, ada banyak sekali manfaat timun untuk kesehatan.

Timun sendiri kerapkali disebut sebagai sayuran. Namun karena memiliki biji, timun yang memiliki nama latin Cucumis sativu ini digolongkan sebagai buah.

Selain itu, mentimun adalah buah yang rendah kalori dan mengandung banyak air dan serat larut. Itu sebabnya, manfaat timun untuk wajah juga sangat tinggi apabila digunakan sebagai masker.

Baca Juga: Coba Ini, 5 Bahan Alami yang Bisa Mengatasi Bibir Kering

7 Manfaat timun bagi kesehatan

Berikut ini 7 manfaat timun bagi kesehatan tubuh seperti dilansir dari Healtline:

1. Kaya nutrisi

Manfaat timun pertama adalah buah ini kaya nutrisi. Timun adalah buah yang rendah kalori tetapi mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Dalam setiap 300 gram timun yang belum dikupas mengandung karbohidrat 11 gram, protein 2 gram, serta serat 2 gram. Nutrisi lainnya yakni vitamin C, vitamin K, magnesium, mangan, dan kalium.

Disarankan, untuk memaksimalkan kandungan gizi dari manfaat mentimun, buah ini harus dimakan tanpa dikupas. Mengupasnya mengurangi jumlah serat, serta vitamin dan mineral tertentu.

Baca Juga: Mau Cepat Turunkan Berat Badan? Kenali 8 Manfaat Mengkonsumsi Pisang Ini

2. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah senyawa yang bisa menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Manfaat timun untuk kesehatan adalah sebagai sumber antioksidan.

Dengan mengonsumsi mentimun, maka tubuh bisa berpeluang lebih kecil terkena penyakit kronis seperti jantung, paru, dan kanker.

3. Mencegah dehidrasi

Selanjutnya, manfaat timun untuk kesehatan adalah membantu mencegah dehidrasi. 

Cairan tubuh sendiri tak hanya berasal dari air yang diminum, namun sekitar 40% juga berasal dari cairan makanan. Buah dan sayuran, khususnya, bisa menjadi sumber air yang baik untuk makanan.

Karena mentimun terdiri dari sekitar 96% air, manfaat timun sangat efektif dalam meningkatkan hidrasi dan dapat membantu tubuh memenuhi kebutuhan cairan harian.

Baca Juga: Mau Kulit Sehat & Halus? Konsumsi 5 Sayuran Ini Yuk




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×