7 Manfaat susu kedelai yang sudah terbukti

Kamis, 29 Juli 2021 | 14:50 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Manfaat susu kedelai yang sudah terbukti

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat susu kedelai.

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Hal itu membuat produk susu kedelai makin populer dibandingkan susu sapi karena tren sumber protein nabati dalam beberapa tahun ini. 

Khasiat susu kedelai juga sudah tak diragukan lagi. Susu ini bisa jadi sumber protein bagi mereka yang merasa alergi dengan laktosa atau susu sapi.

Kedelai sendiri kaya akan asam lemak esensial yang penting bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut ini 7 manfaat susu kedelai yang sudah terbukti sebagaimana dilansir dari Doctor NDTV

1. Mengurangi berat badan

Khasiat susu yakni kedelai yakni kaya akan serat yang memiliki efek pada penurunan berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Minuman ini dikenal dapat membantu mengatasi obesitas dan tekanan darah tinggi. 

Menggabungkan susu kedelai dengan pola diet rendah lemak dapat membantu Anda mengurangi obesitas sambil menjaga massa otot tetap ideal. 

Baca Juga: Jangan salah pilih, 8 minuman ini baik untuk penderita asam lambung

2. Jantung sehat

Kedelai adalah produk nabati yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik  dan mencegah penyakit jantung. Manfaat susu kedelai juga bisa meningkatkan kadar lipid plasma pada manusia dan mengurangi risiko penyakit jantung di kemudian hari. 

Kedelai kaya akan vitamin, mineral, lemak tak jenuh yang bersama-sama meningkatkan kesehatan jantung.

3. Menyembuhkan masalah kulit

Jika Anda sering menghadapi masalah jerawat, beralihlah ke diet kaya kedelai. Manfaat minum susu kedelai sendiri cukup baik untuk mengurangi hiperpigmentasi (kondisi kulit menjadi gelap). 

Penelitian terbaru menyatakan bahwa senyawa yang ditemukan dalam susu kedelai memiliki sifat anti-penuaan. 

4. Pertumbuhan rambut

Susu kedelai, bila dikombinasikan dengan diet kaya protein dapat berdampak baik pada rambut Anda. Khasiat susu kedelai dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih baik untuk meningkatkan penampilannya. 

Baca Juga: Rutin minum santan kedelai bisa membuat kolesterol tinggi ambruk

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru