kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Rumput Laut yang Perlu Anda Ketahui


Selasa, 24 Mei 2022 / 15:00 WIB
7 Manfaat Rumput Laut yang Perlu Anda Ketahui
ILUSTRASI. Manfaat rumput laut.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat rumput adalah sebagai obat luka bakar bagi orang Romawi. Sementara di Asia Timur seperti Jepang dan China, manfaat rumput laut dipakai sebagai bahan makanan.

Itu sebabnya, banyak makanan di Asia Timur yang berasal dari olahan rumput laut, seperti onigiri dan sushi.

Rumput laut sendiri masuk dalam keluarga ganggang yang biasanya berwarna hijau, cokelat, dan alga merah. Tidak hanya mempunyai rasa yang unik, kandungan gizi rumput laut cukup beragam sehingga ada banyak manfaat rumput laut.

Lantas, apa manfaat rumput laut? 

Baca Juga: Jadi Juragan Camilan Khas Lombok berkat Resep Warisan

7 Manfaat rumput laut bagi kesehatan

Berikut ini 7 manfaat rumput laut yang menakjubkan sebagaimana dikutip dari Healthline:

1. Mendukung fungsi tiroid

Pertama, manfaat dari rumput laut dapat mendukung fungsi tiroid dalam tubuh. Kelenjar tiroid berfungsi melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh.

Tiroid sangat bergantung pada yodium untuk memproduksi hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh akan mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher seiring waktu.

Dalam sehari, tubuh setidaknya menerima asupan yodium sebanyak 150 mdg. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap sejumlah yodium terkonsentrasi dari laut.

Baca Juga: Manfaat dan Potensi Daun Kelor untuk Mencegah Stunting

2. Kaya vitamin dan mineral

Mencampur rumput laut dalam olahan makanan tidak hanya berfungsi sebagai penambah rasa dan tekstur agar lebih lezat, namun juga bisa memperkaya asupan nutrisi. Manfaat rumput laut diperoleh dari kandungannya yang kaya akan kalori, karbohidrat, lemak, dan serat 0,3 gram.

Selain itu, rumput laut juga mengandung riboflavin, zat besi, mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, seng, natrium, kalsium, dan magnesium.

Protein yang ada di beberapa rumput laut, seperti spirulina dan chlorella, mengandung semua asam amino esensial. Ini berarti manfaat dari rumput laut dapat membantu memastikan tubuh mendapatkan berbagai macam asam amino,

Rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12 yang baik. Faktanya dalam sebuah studi, rumput laut hijau dan ungu kering mengandung vitamin B12 dalam jumlah besar.

Baca Juga: Siapkan Nanti! Ini 4 Menu Sahur yang Sehat dan Mengenyangkan i

3. Antioksidan

Manfaat rumput laut salah satunya yakni sebagai sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

Selain mengandung antioksidan vitamin A, C, dan E, rumput laut mengandung berbagai macam senyawa tanaman bermanfaat, termasuk flavonoid dan karotenoid. 

Manfaat dari rumput laut ini telah terbukti melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Baca Juga: Manfaat dan Potensi Daun Kelor untuk Mencegah Stunting




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×