7 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

Rabu, 18 Mei 2022 | 15:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Manfaat Rumput Laut Bagi Tubuh yang Perlu Anda Ketahui

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat rumput laut.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Manfaat rumput laut sudah dikenal luas sejak zaman dulu kala. Orang Romawi menggunakan rumput laut yang dijadikan tepung sebagai obat luka bakar dicampur ramuan obat lainnya. Selain itu, apa manfaat rumput laut? 

Di Asia Timur seperti Jepang dan China, manfaat rumput laut sudah biasa dipakai untuk olahan makanan. Itu sebabnya, banyak makanan di sana yang berasal dari olahan rumput laut, seperti onigiri dan sushi.

Rumput laut sendiri masuk dalam keluarga ganggang yang biasanya berwarna hijau, cokelat, dan alga merah. Tidak hanya mempunyai rasa yang unik, kandungan gizi rumput laut cukup beragam.

Baca Juga: Upaya KKP Dongkrak UMKM Naik Kelas Lewat Program Bangga Buatan Indonesia (BBI)

7 Manfaat rumput laut

Berikut ini 7 manfaat rumput laut yang menakjubkan sebagaimana dikutip dari Healtline.

1. Mendukung fungsi tiroid

Manfaat dari rumput laut adalah bisa mendukung fungsi tiroid. Kelenjar tiroid berfungsi melepaskan hormon untuk membantu mengontrol pertumbuhan, produksi energi, reproduksi, dan perbaikan sel-sel yang rusak di tubuh.

Tiroid sangat bergantung pada yodium untuk memproduksi hormon. Tanpa yodium yang cukup, tubuh akan mengalami gejala seperti perubahan berat badan, kelelahan atau pembengkakan leher seiring waktu.

Dalam sehari, tubuh setidaknya menerima asupan yodium sebanyak 150 mdg. Rumput laut memiliki kemampuan unik untuk menyerap sejumlah yodium terkonsentrasi dari laut.

Baca Juga: Menteri Trenggono Canangkan Kampung Budidaya Rumput Laut di Sidoarjo

2. Kaya vitamin dan mineral

Selanjutnya, manfaat rumput laut adalah kaya vitamin dan mineral. Setiap satu sendok tepung rumput laut kering atau sebanyak 7 gram mengandung kalori, karbohidrat 1,7 gram, lemak 0,5 gram, dan serat 0,3 gram.

Dalam porsi yang sama, terdapat kandungan riboflavin, zakt besi, mangan, tembaga, vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, seng, natrium, kalsium, dan magnesium.

Protein yang ada di beberapa rumput laut, seperti spirulina dan chlorella, mengandung semua asam amino esensial.

Manfaat rumput laut juga bisa menjadi sumber lemak omega-3 dan vitamin B12 yang baik. Faktanya dalam sebuah studi, rumput laut hijau dan ungu kering mengandung vitamin B12 dalam jumlah besar.

Baca Juga: Siapkan Nanti! Ini 4 Menu Sahur yang Sehat dan Mengenyangkan i

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru