Kesehatan Umum

7 Manfaat push-up, olahraga ringan dengan segudang manfaat

Kamis, 22 Juli 2021 | 14:53 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
7 Manfaat push-up, olahraga ringan dengan segudang manfaat

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat push-up.

KONTAN.CO.ID - Push-up adalah olahraga yang cepat dan efektif untuk membangun kekuatan otot dada dan bahu. Selain itu, ternyata ada segudang manfaat push-up jika dilakukan dengan rutin. 

Jika dilakukan dengan bentuk yang benar, push-up juga dapat memperkuat punggung bawah dan inti dengan cara menarik otot perut.

Olahraga ini juga mudah dilakukan karena tidak memerlukan alat khusus. Lalu apa manfaat push-up bagi kesehatan tubuh?

7 Manfaat push-up secara rutin

Berikut ini 7 manfaat push-up yang bisa dirasakan tubuh apabila Anda rutin melakukannya seperti dilansir dari Keeping Spiring:

1. Menguatkan otot

Menguatkan otot adalah salah satu manfaat push-up. Aktivitas push-up membuat hampir semua otot utama melakukan gerakan. Otot tubuh bagian bawah akan aktif menopang tubung agar tetap stabil.

2. Kesehatan kardiovaskular

Push-up adalah olahraga gabungan dari beberapa otot. Ketika otot bergerak secara bersama, maka jantung akan bekerja lebih keras memompa darah dan mengirimkan lebih banyak oksigen ke jaringan otot. Sehingga, manfaat push-up tentu sangat menyehatkan jantung. 

Baca Juga: Tak Perlu ke Gym, Alat Rumah Tangga ini Bisa Dipakai Olahraga

3. Meningkatkan hormon pertumbuhan

Selanjutnya, manfaat push-up yakni dapat membantu kinerja otot dengan baik. 

Semakin banyak otot melakukan latihan fisik, maka semakin besar pula produksi dan pelepasan hormon pertumbuhan yang dikenal dengan Human Growth Hormone atau HGH. 

Setiap tubuh manusia memproduksi hormon khusus yang berguna bagi pertumbuhan tubuh. Seiring pertambahan usia, produksi hormon HGH akan semakin menurun. 

4. Mencegah cedera bahu

Salah satu cedera paling umum yang dialami orang tua adalah cedera bahu. Push-up adalah latihan standar yang ampuh untuk melindungi bagian sendi bahu dari cedera, terutama pada orang tua. 

Baca Juga: Olahraga Aman untuk Ibu Hamil di Trimester Ketiga Kehamilan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru