Kesehatan Umum

​7 Manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang harus Anda ketahui

Kamis, 10 Desember 2020 | 13:06 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​7 Manfaat minum air putih setelah bangun tidur yang harus Anda ketahui

ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan minum putih. Reuters / Lee Smith Livepic EDITORIAL USE ONLY.


KONTAN.CO.ID - Sejumlah penelitian membuktikan kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. 

Kebiasaan tersebut akan memulihkan kesehatan di beberapa organ tubuh seperti mata hingga organ reproduksi wanita.

Setidaknya, setelah bangun tidur Anda bisa minum empat gelas atau sekitar 640 ml air putih. 

Lantas, apa saja manfaat minum air putih setelah bangun tidur? 

Baca Juga: 4 Penyebab perut kembung yang bisa Anda alami

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur

Dirangkum dari laman Kementerian Kesehatan, berikut adalah berbagai manfaat minum air putih setelah bangun tidur: 

  1. Detoksifikasi tubuh lebih cepat. Malam hari merupakan waktu terbaik tubuh mengeluarkan racun. Sementara air putih yang Anda minum selepas bangun akan membantu pembersihan racun yang tersisa. Selain itu, produksi sel darah baru dan sel otot akan ikut meningkat. 
  2. Membantu metabolisme tubuh. Minum air putih saat perut Anda kosong ternyata menaikkan proses metabolisme tubuh sampai 24%. Manfaat ini akan membantu Anda yang sedang diet atau mengembalikan kesehatan sistem pencernaan yang sedang bermasalah. 
  3. Menurunkan berat badan. Pelepasan racun yang optimal secara tidak langsung akan memperbaiki kondisi sistem pencernaan. Dengan begitu, Anda tidak akan merasa cepat lapar dan mencegah konsumsi makanan yang berlebihan. 
  4. Meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Anda dapat menekan risiko kendala sistem cerna ini dengan minum air putih secara teratur terutama bagi penderita maag. 
  5. Menyehatkan kulit dan rambut. Kulit kering akibat dehidrasi akan cepat teratasi dengan minum air putih setelah bangun tidur di pagi hari. Bagian tubuh lain yang akan ikut merasakan manfaat kebiasaan sehat ini adalah rambut yang mengurangi risiko kerapuhan. 
  6. Pencegahan infeksi kandung kemih dan batu ginjal. Asupan air putih yang cukup akan mengencerkan kandungan asam yang biasanya memicu batu ginjal. Peluang penyakit kronis seperti infeksi kandung kemih pun akan mengecil bila Anda rajin minum air putih. 
  7. Menguatkan daya tahan tubuh. Minum air putih saat perut Anda masih kosong dapat menstabilkan sistem limfatik yang mempengaruhi tingkat imunitas. Daya tahan tubuh yang bagus pastinya akan membuat Anda terlindungi dari berbagai penyakit berat.

Selanjutnya: 5 Obat flu alami, solusi untuk Anda yang enggan minum obat kimia

 

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru