Kesehatan Umum

4 Penyebab perut kembung yang bisa Anda alami

Kamis, 10 Desember 2020 | 12:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab perut kembung yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Minuman soda jadi salah satu penyebab perut kembung.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Gas yang terlalu banyak dan menumpuk dalam tubuh bisa jadi penyebab perut kembung. Namun, ternyata ada kondisi lain yang menyebabkan hal itu terjadi.

Jika dibiarkan, kondisi tersebut bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda. Nah, berikut penyebab perut kembung yang bisa Anda alami:

Garam

Konsumsi garam merupakan hal yang perlu Anda lakukan. Namun, jika Anda mengonsumsi garam secara berlebihan, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Garam dapat menahan air dalam tubuh sehingga mengganggu kondisi Anda, seperti tekanan darah yang meningkat. Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak garam. Mulai dari makanan dalam kemasan hingga makanan cepat saji.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan dalam kemasan, jangan lupa untuk membaca label komposisi agar Anda bisa melihat seberapa banyak kandungan garam.

Baca Juga: 6 Obat herbal untuk asam lambung yang bisa Anda buat sendiri di rumah

Terlalu banyak makan

Melansir Webmd.com, terlalu banyak makan bisa jadi penyebab perut kembung yang Anda alami. Perut terasa semakin kembung jika Anda mengonsumsi makanan asin dan makanan yang mengandung banyak karbo.

Untuk mencegah hal itu, sebaiknya berhentilah makan sebelum kenyang.

Selain terlalu banyak makan, makan yang terlalu cepat pun bisa membuat perut terasa kembung. Umumnya, dibutuhkan waktu 20 menit supaya perut memberikan sinyal ke otak bahwa muatannya sudah penuh.

Jadi, usahakan untuk makan secara perlahan supaya perut Anda tak kembung.

Soda

Perut kembung juga bisa karena konsumsi soda yang mengandung banyak gas. Hal yang sama juga bisa Anda alami setelah minum bir.

Biasanya, gas dari jenis minuman itu bisa keluar dari tubuh saat Anda bersendawa. Namun, ketika gas sudah masuk ke usus, hal itu membuat perut Anda kembung.

Baca Juga: 4 Penyebab perut buncit yang bisa Anda alami

Sembelit

Sembelit bisa jadi penyebab perut kembung.

Penyebab perut kembung lainnya, menurut Webmd.com, adalah sembelit atau susah buang air besar. Ada banyak hal yang menyebabkan Anda mengalami sembelit. Mulai dari kurang minum air putih, mengonsumsi jenis makanan tertentu, dan stres.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sembelit. Misalnya, mengonsumsi sayur dan buah kaya serat, minum obat, atau melakukan olahraga. Namun, jika sembelit tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Begini tanda-tanda haid yang bisa Anda alami, termasuk perut terasa nyeri

Editor: Belladina Biananda
Terbaru