kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya


Selasa, 27 Juni 2023 / 10:12 WIB
7 Manfaat Daun Mangkokan untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
ILUSTRASI. Manfaat daun mangkokan salah satunya adalah memperlancar pencernaan.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Daun mangkokan dikenal sebagai tanaman hias di Indonesia. Meski demikian, ternyata ada sejumlah manfaat daun mangkokan untuk kesehatan. 

Manfaat daun mangkokan salah satunya adalah memperlancar pencernaan seperti mencegah sembelit dan memperlancar kencing. 

Beberapa manfaat daun mangkokan untuk kesehatan tersebut lantaran daun dengan nama latin Nothopanax scutellarium merr memiliki sejumlah nutrisi penting. Kandungan nutrisi daun mangkokan diantaranya lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C.

Lalu, apa saja manfaat daun mangkokan untuk kesehatan? 

Baca Juga: Luar biasa! Sari bengkuang bermanfaat sebagai obat herbal diabetes melitus

Manfaat daun mangkokan

Dirangkum dari buku "Toga Manfaat dan Cara Pengolahannya" (2018), oleh Fitriana Putri Utami, Dkk, berikut adalah manfaat daun mangkokan untuk kesehatan: 

1. Memperlancar sistem pencernaan 

Daun mangkokan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik apabila dikonsumsi karena dapat mencegah sembelit atau kesulitan buang air besar, diare, dan mengobati buang air kecil yang tidak lancar.

Sehingga, terdapat manfaat daun mangkokan untuk lambung karena mengandung serat. Mengonsumsi daun mangkokan untuk mendapatkan manfaatnya dapat dengan cara direbus, ditumis, dan dimakan sebagai lalapan. 

Baca Juga: 6 Manfaat secang sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan sampai asam urat

2. Membantu mencegah rambut rontok 

Manfaat daun mangkokan juga sangat baik untuk mencegah rambut rontok. Berikut cara menggunakan daun mangkokan untuk mencegah rambut rontok:

  • Ambil 4 hingga 5 lembar daun mangkokan, cuci hingga bersih
  • Rendam dalam minyak kelapa 
  • Setelah direndam, peras daun mangkokan hingga benar-benar kering
  • Oleskan minyak yang sudah bercampur dengan ramuan daun mangkokan tersebut pada kulit secara merata. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mengoptimalkan efek yang didapat. 

Baca Juga: Bengkuang bermanfaat sebagai obat herbal untuk diabetes melitus

3. Membantu mengobati luka 

Manfaat daun mangkokan juga bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan mengeringkan luka. Daun mangkokan juga bisa mencegah munculnya infeksi pada luka. 

Cara mengolah daun mangkokan untuk mengobati luka adalah dengan menghaluskan beberapa lembar daun mangkokan. Lalu, dikompres dan direkatkan pada bagian tubuh yang mengalami luka. 

4. Mengatasi lemah dan lesu 

Manfaat daun mangkokan tidak hanya bisa mengatasi infeksi dan peradangan, namun jua bisa mengatasi lemah dan lesu akibat kekurangan darah. 

Manfaat daun mangkokan ini diperoleh karena kandungan falavanoid, saponin, serta alkaloid yang bisa mengatasi lemah dan lesu.

Baca Juga: Selain ganja, inilah daftar tanaman obat rekomendasi Kemtan

5. Mengobati sariawan

Dikutip dari laman Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim Universitas Medan Area, daun mangkokan juga berkhasiat untuk mengobati sariawan. 

Secara umum sariawan disebabkan sebab banyak sekali hal, seperti terinfeksi virus atau jamur, kekurangan vitamin, alergi terhadap makanan hingga ketika seseorang dalam keadaan stres.

Salah satu cara mengatasi sariawan secara alami yaitu dengan memakai daun mangkokan. Daun mangkokan memiliki sifat anti-inflamasi yg bisa merdakan sariawan.

Cara menggunakan daun mangkokan untuk mengatasi sariawan, yaitu tumbuk daun mangkokan hingga halus. Lalu oleskan pada pengecap atau bibir yang terkena sariawan.

Baca Juga: 4 Manfaat kencur untuk kesehatan

6. Mengatasi pembengkakan payudara dan melancarkan ASI  

Manfaat daun mangkokan juga bisa mengatasi pembengkakan payudara serta melancarkan produksi Air Susu Ibu (ASI). Daun mangkokan baik dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan. 

Bila ingin merasakan manfaat daun mangkokan, maka siapkan daun mangkokan tua, minyak kelapa, dan kunyit parut. 

Lalu, remas daun mangkokan dan tambahkan minyak kelapa serta kunyit parut. Setelah itu, panaskan semua bahan yang dicampur di atas api.  

Terakhir, bubuhkan ramuan herbal tersebut di permukaan payudara yang membengkak.  

Baca Juga: Air perasan buah bengkuang efektif mengobati diabetes melitus

7. Mengatasi bau keringat 

Daun mangkokan bisa membantu mengatasi bau keringat tidak sedap. Untuk merasakan manfaat daun mangkokan tersebut, rebus 13 gram daun mangkokan segar dengan tiga gelas air sampai mendidih. 

Lalu, tuang dalam gelas dan minum air rebusan daun mangkokan tersebut. Untuk mendapatkan manfaatnnya secara optimal maka konsumsilah rebusan daun mangkokan sebanyak dua kali sehari.  

Demikian sejumlah manfaat daun mangkokan untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×