kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda


Jumat, 17 Desember 2021 / 15:41 WIB
7 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh Anda
ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat buah pepaya.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID -Jakarta. Ada banyak sekali manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Sebab, buah pepaya kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Manfaat buah pepaya sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Pepaya adalah buah dari keluarga tanaman Carica.

Buah ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tetapi sekarang tumbuh di banyak bagian lain dunia.

Pepaya sendiri adalah buah yang sangat umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya terjangkau, buah ini juga mudah ditemukan di pasar.

Baca Juga: Berasal dari Bahan Alami, Coba 5 Pemutih Wajah Ini

Apa manfaat buah pepaya untuk kesehatan?

Berikut ini sederet manfaat buah pepaya untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Healthline:

1. Penuh nutrisi

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan tentu saja kaya akan nutrisi penting. Pepaya mengandung enzim yang disebut Papain, yang dapat memecah rantai protein kenyal yang ditemukan dalam daging otot. Karena itu, orang telah menggunakan pepaya untuk melunakkan daging selama ribuan tahun.

Jika pepaya sudah matang, bisa dimakan langsung. Namun, untuk pepaya mentah harus selalu dimasak sebelum dimakan, terutama selama kehamilan, karena buah mentah mengandung lateks yang tinggi, yang dapat merangsang kontraksi.

Satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung kalori sebanyak 59, karbohidrat, 15 gram, serat 3 gram, protein 1 gram, vitamin C 157% dari RDI, vitamin A 33% dari RDI, dan folat (vitamin B9) 14% dari rekomendasi kebutuhan harian.

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan lainnya yakni karena kandungan tinggi akan magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K. Pepaya juga mengandung antioksidan sehat yang dikenal sebagai karotenoid yang juga disebut Likopen.

Baca Juga: Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

2. Memiliki efek antioksidan

Radikal bebas adalah molekul reaktif hasil metabolisme tubuh dan dapat meningkatkan dan dapat menyebabkan penyakit. Nah, manfaat buah pepaya adalah dapat menetralisir radikal bebas karena mengandung antioksidan.

3. Memiliki sifat antikanker

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan lainnya yakni terkait pencegahan kanker. Penelitian menunjukkan bahwa Likopen dalam pepaya dapat mengurangi risiko terkena kanker.

Senyawa ini juga bermanfaat bagi orang yang sedang dirawat karena kanker. Pepaya dapat bekerja dengan mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker.

Selain itu, manfaat buah pepaya untuk kesehatan yakni memiliki beberapa efek unik yang tidak dimiliki oleh buah lain. Di antara 14 buah dan sayuran dengan sifat antioksidan hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker pada sel kanker payudara.

Baca Juga: Ingin kadar kolesterol turun dan stabil? Konsumsi 5 buah berikut ini




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×