kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,35   5,75   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!


Rabu, 30 November 2022 / 11:36 WIB
7 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan, Jangan Lewatkan!
ILUSTRASI. Manfaat bawang merah untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat bawang merah untuk kesehatan nampaknya sudah tidak perlu diragukan lagi. Pasalnya, mengkonsumsi bawang merah mampu memberikan berbagai macam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya memiliki banyak manfaat, bawang merah juga termasuk salah satu bahan tambahan untuk membuat berbagai jenis makanan.

Lantas tahukah Anda apa saja manfaat bawang merah? manfaat dari bawang merah berasal dari banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung.

Baca Juga: Prediksi Polandia vs Argentina dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

Nutrisi yang dikandung bawang merah di antaranya vitamin C, vitamin K, protein, zat beso, kalsium, magnesium, kalium, serat, zinc dan masih banyak lagi. Oleh karena tidak heran mengkonsum bawang merah baik untuk kesehatan tubuh. 

Bawang merah bisa disajikan sebagai bahan bumbu masakan. Namun, ternyata bawang merah juga dapat dikonsumsi secara langsung atau mental loh. 

Melansir dari Daily Record, ada beberapa manfaat mengkonsumsi bawang merah mentah bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat mengkonsumsi bawang merah selanjutnya yaitu dapat melancarkan pencernaan. Bawang merah adalah sayuran berserat, yang dapat membantu saluran pencernaan Anda lancar. 

Satu bawang merah mengandung sekitar 1,5 gram serat sehinggar terhindar dari sembelit.

Baca Juga: Prediksi Tunisia vs Perancis dan Jadwal Piala Dunia 2022 Qatar

2. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi bawang merah mentah juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tinggi loh. Pasalnya, terdapat senyawa dalam bawang merah yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Bawang merah mentah saat di konsumsi juga mempunyai manfaat bisa meredekan nyeri sendi. Hal tersebut dikarenakan bawang merah mengandung antiinflamasi yang mampu menghilangkan peradangan sendi.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia 2022: Arab Saudi vs Meksiko Tayang 02.00 WIB

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang merah tidak hanya menurunkan kolesterol, tetapi juga dapat menangkis penyakit jantung dan mencegah pembentukan gumpalan. Selain itu, bawang merah juga dapat membantu menjaga aliran darah dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah.

5. Menyembuhkan Sakit Tenggorokan

Ini mungkin terdengar cukup menjijikkan, tetapi berkumur dengan jus bawang akan membantu meredakan rasa sakit yang muncul akibat sakit tenggorokan. Manfaat bawang merah tersebut dikarenakan adanya antioksidan dan vitamin yang ditemukan dalam bawang merah.

6. Menghentikan Pertumbuhan Sel Kanker

Bawang merah penuh dengan senyawa belerang yang melindungi tubuh dari bisul dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, bawang merah juga mempunyai manfaat terhadap gejala kanker lainnya.

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Kubis Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Jangan Lewatkan!

7. Mengontrol Diabetes

Jika Anda penderita diabetes, Anda harus makan bawang merah mentah karena mempunyai manfaat dapat membantu meningkatkan kadar insulin. Di Eropa dan Asia, bawang merah dan bawang putih mentah sering dianjurkan di antara penderita diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×