7 Makanan yang Efektif Meningkatkan Kolesterol Baik bila Dimakan secara Rutin

Jumat, 02 Desember 2022 | 17:15 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
7 Makanan yang Efektif Meningkatkan Kolesterol Baik bila Dimakan secara Rutin


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kadar kolesterol baik yang tinggi bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Ini 7 makanan yang efektif meningkatkan kadar kolesterol baik. 

Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol dibagi menjadi dua yakni kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL) dan High Density Lipoprotein (HDL). 

Baca Juga: 4 Buah yang Baik dan Buruk di Konsumsi oleh Penderita Diabetes

HDL alias kolesterol baik memberikan manfaat baik untuk kesehatan. Saat kadar kolesterol baik berada pada tingkat yang sehat, bisa menghilangkan kolesterol ekstra dan penumpukan plak di arteri.  

Selain itu, kadar kolesterol baik yang tinggi bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.  

Meningkatkan kolesterol baik bisa dengan mengonsumsi makanan sehat.  Berikut makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol baik:  

1. Biji chia  

Mengutip dari Healthline, biji chia merupakan sumber asam lemak omega 3 nabati, serat, dan nutrisi sehat lainnya.  

Biji chia bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah.  

2. Minyak zaitun  

Mengutip dari Eat Well, minyak zaitun bersifat antiinflamasi dan mengandung asam oleat yang bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan risiko penyakit jantung.  

Hasil penelitian menunjukkan senyawa elenolide dalam minyak zaitun membantu mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.  

3. Kacang-kacangan  

Kacang- kacangan mengandung serat larut dan vitamin B. Serat larut bisa membantu memblokir penyerapan kolesterol LDL sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.  

Selain itu, serat larut dan vitamin B yang baik menjaga kesehatan jantung.  

4. Kedelai  

Mengutip dari FOOD NDTV,  kedelai tinggi protein yang dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit jantung.  

Selain itu kandungan isoflavon dari kedelai bisa meningkatkan kadar HDL sekitar 3% setiap saat.  

5. Coklat hitam 

Hasil sebuah penelitian menunjukkan konsumsi 100 gram coklat hitam setiap hari bisa meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 9%.  

6. Telur  

Telur, makanan yang padat nutrisi. Perlu Anda ketahui, telur mengandung lesitin yang bisa meningkatkan kadar HDL sampai 48% dalam waktu 12 minggu. 

7. Goji beri 

Hasil penelitian tahun 2015 menunjukkan bahwa goji beri terbukti bisa meningkatkan kadar kolesterol baik pada penderita diabetes tipe 2. 

Baca Juga: 9 Manfaat Infused Water Mentimun bila Diminum Secara Rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru