7 Makanan & Tanaman Herbal yang Bisa Bikin Asam Urat Tak Berkutik, Mudah Didapat

Kamis, 16 Maret 2023 | 08:40 WIB Sumber: Kompas.com
7 Makanan & Tanaman Herbal yang Bisa Bikin Asam Urat Tak Berkutik, Mudah Didapat


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat asam urat menyerang, penderitanya dipastikan mengalami rasa nyeri yang menyakitkan. Nah, ada sejumlah obat asam urat yang terbuat dari bahan makanan dan tanaman herbal.

Penyakit asam urat adalah penyakit yang bisa timbul akibat peningkatan kadar asam urat dalam darah sampai melebihi batas normal. Asam urat ini kemudian menumpuk dalam ruang sendi dan menyebabkan gangguan pada jaringan sendi.

Merangkum WebMD, apabila sudah melebihi ambang batas, asam urat dalam darah memang tidak akan bisa larut lagi. Senyawa ini pada akhirnya akan mengendap menjadi kristal asam urat dan masuk ke organ tubuh, terutama ke dalam persendian.

Kristal asam urat ini lantas dianggap sebagai benda asing oleh tubuh. Hal itu memicu sel-sel kekebalan untuk memusnahkannya. Munculnya immune cells ini akan menimbulkan reaksi peradangan atau inflamasi yang menyebabkan nyeri dan bengkak kemerahan di persendian yang terkena, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jari tangan.

Untuk mangatasi penyakit asam urat atau gout, dokter bisa saja memberikan obat-obatan sesuai dengan kebutuhan pasien. Tapi beberapa pengobatan alami mungkin dapat juga membantu untuk meredakan gejala asam urat.

Baca Juga: Asam Urat Tinggi dan Diabetes, Benarkah Saling Berhubungan?

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan dan tanaman herbal yang bisa dijadikan sebagai obat asam urat alami untuk dipertimbangkan:

 

1. Makanan tinggi magnesium

Makanan yang mengandung magnesim tinggi juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Beberapa ahli mengklaim magnesium baik untuk asam urat karena kekurangan magnesium dapat memperburuk tekanan inflamasi kronis di tubuh.

Lagi pula, sebuah studi yang diterbitkan dalam PLoS One ada 2015 menunjukkan bahwa magnesium yang cukup dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan lebih sehat, sehingga berpotensi menurunkan risiko asam urat.

Tapi, penelitian tersebut melaporkan reaksi ini cenderung hanya berlaku untuk pria, tidak pada wanita. Cobalah mengonsumsi makanan kaya magnesium setiap hari. Hal ini diyakini dapat menurunkan risiko asam urat atau terjadinya asam urat dalam jangka panjang.

Baca Juga: Selain Bisa Mengobati Kencing Batu, Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

2. Brotowali

Brotowali atau akar ali-ali adalah tanaman obat yang biasa ditanam di pekarangan rumah atau tumbuh liar. Orang menggunakannnya dengan cara merebus batangnya, lalu diminum air rebusannya.

Meski rasanya sangat pahit, brotowali dipercaya memiliki banyak manfaat kesehatan bagi manusia. Sebuah penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di Pyhto Journal, mengungkap bahwa sari batang brotowali efektif untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Studi lain pada tahun 2014 oleh Goel B menyebutkan bahwa brotowali memiliki efek antiinflamasi dan meredakan nyeri pada binatang pengerat. Namun butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efek ini pada manusia.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru