kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Makanan Sumber Vitamin untuk Kesehatan Rambut yang Mudah Dijumpai


Jumat, 04 Agustus 2023 / 13:27 WIB
7 Makanan Sumber Vitamin untuk Kesehatan Rambut yang Mudah Dijumpai
ILUSTRASI. 7 Makanan Sumber Vitamin untuk Kesehatan Rambut yang Mudah Dijumpai


Penulis: Bimo Kresnomurti

Makanan untuk Kesehatan Rambut - JAKARTA. Simak makanan sumber vitamin untuk kesehatan rambut yang mudah dijumpai. Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dirawat seperti bagian lainnya.

Rambut tentu dapat dengan mudah dirawat melalui konsumsi makanan sehat maupun produk yang berasal dari bahan alami.

Salah satu faktor pendukung yang menjaga kesehatan rambut adalah dari asupan vitamin yang didapatkan dari makanan.

Vitamin alami untuk rambut yang berasal dari makanan adalah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut.

Baca Juga: 5 Air Rebusan Daun-daunan Ini Efektif Bikin Asam Lambung Kabur

Sumber vitamin untuk kesehatan rambut

Makanan kaya akan vitamin dan mineral ini membantu memperkuat akar rambut, mendorong pertumbuhan rambut yang sehat, dan menjaga kilau serta tekstur rambut yang baik. 

Daftar makanan tersebut bisa berupa vitamin E hingga zat besi yang mudah untuk ditemui pada ikan hingga sayuran.

Selain itu, Anda harus menjaga gaya hidup yang sehat, cukup tidur, dan mengurangi stres, karena faktor-faktor ini juga berpengaruh pada kesehatan rambut.

Simak daftar makanan sumber vitamin untuk kesehatan rambut dilansir dari Cnet.

Baca Juga: Inilah 7 Makanan Pengganti Nasi Putih yang Rendah Glukosa

Sumber vitamin untuk kesehatan rambut

1. Vitamin B7 atau Biotin

Kacang merah

Biotin, juga dikenal sebagai vitamin B7, merangsang produksi keratin untuk meningkatkan pertumbuhan folikel. Anda bisa menemukan vitamin ini di banyak makanan, antara lain telur, daging, ikan, kacang-kacangan, telur, ubi dan biji-bijian. 

Adapun asupan yang dianjurkan untuk konsumsi vitamin B7 dalah sekitar 30 mikrogram untuk orang dewasa setiap hari.

2. Vitamin A 

Yogurt tawar

Sel rambut adalah bagian tubuh yang tumbuh paling cepat. Maka, masuk akal jika vitamin A adalah bahan bakar yang sempurna untuk pertumbuhan itu.

Ketika tubuh menyerap vitamin A, itu menghasilkan sebum. Itu adalah zat berminyak yang melembabkan kulit kepala, menjaganya dan folikel rambut tetap sehat.

Sehingga, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan Anda mengalami kerontokan rambut.  Saat Anda ingin mengonsumsi lebih banyak vitamin A, pasti ingin mengonsumsi makanan tinggi beta-karoten, yang berubah menjadi vitamin A.

Makanan tinggi beta-karoten termasuk ubi jalar, labu, wortel, bayam, dan kangkung. Anda juga bisa menemukannya dalam minyak ikan cod, telur, yogurt, dan susu.

Asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin A hingga 900 mcg untuk pria dan 700 mcg untuk wanita. 

3. Vitamin C 

Jeruk purut

Salah satu faktor penyebab kerontokan rambut adalah stres oksidatif. Ini terjadi ketika tubuh memiliki ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektron. 

Solusinya Anda bisa dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Tubuh memiliki antioksidan yang mengurangi kerusakan rambut akibat radikal bebas dengan menyeimbangkan elektronnya.

Secara bersamaan, Vitamin C membantu tubuh dalam memproduksi kolagen (mencegah rambut beruban sebelum waktunya) dan menyerap zat besi yang dapat membantu pertumbuhan rambut.

Anda wajib menghindari kebiasaan merokok, minum alkohol, dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan kekurangan vitamin C. Pastikan Anda menemukan sumber makanan untuk kesehatan rambut melalui vitamin C dalam buah jeruk, paprika, stroberi, tomat, dan jambu biji.

Asupan vitamin C harian hingga 90 miligram per hari untuk pria dewasa dan 75 miligram untuk wanita dewasa.

Selain itu, Anda jangan terlalu banyak konsumsi Vitamin C yang menimbulkan mulas, kram otot, kelelahan, kemerahan pada kulit dan peningkatan risiko batu ginjal. 

4. Vitamin D 

Minum susu

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kondisi rambut rontok seperti alopecia, kerontokan rambut pada wanita, dan kerontokan berlebihan. Anda akan menemukan penipisan ini lebih banyak pada orang berusia 65 tahun ke atas. 

Untuk mendapatkan lebih banyak asupan vitamin D, bisa memasukkan ikan berlemak, minyak ikan cod, makanan yang diperkaya (sereal, telur, roti, yogurt) dan jamur ke daftar makanan. Sebagai alternatif, Anda dapat menikmati sinar matahari tengah hari.

600 IU vitamin D merupakan dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa. Mengambil terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan mual, penurunan berat badan, disorientasi, dan masalah irama jantung. 

5. Vitamin E 

Alpukat

Vitamin E mengandung kekuatan antioksidan yang sama dengan yang dimiliki oleh vitamin C-nya. Ini berarti dapat melepas stres oksidatif dengan menyeimbangkan tingkat elektron dalam radikal bebas.

Vitamin E merupakan sumber vitamin untuk kesehatan rambut sehingga menjadi metode yang efektif untuk mengobati kerontokan rambut.

Sebuah penelitian kecil mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin E selama delapan bulan mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebesar 34,5%. Anda juga bisa menemukan vitamin E pada biji bunga matahari, bayam, alpukat, dan almond. 

Apabila berencana untuk mengambil rute tambahan, tunjangan diet yang disarankan adalah 15 miligram setiap hari. 

6. Zat Besi

Daging Merah

Zat besi memicu produksi hemoglobin, protein yang ditemukan dalam sel darah merah tubuh. Sel-sel ini mendistribusikan oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh, membantu perbaikan dan pertumbuhannya.

Saat tubuh kekurangan zat besi, hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut, dengan wanita menjadi yang paling rentan. 

Anda akan menemukan zat besi dalam makanan seperti telur, daging merah, lentil, bayam, tiram, dan kerang. Apbila dokter menganjurkan, Anda dapat mengonsumsi suplemen zat besi. 

Asupan zat besi harian yang direkomendasikan adalah 45 mg. Ingatlah bahwa mengonsumsi terlalu banyak zat besi dapat menyebabkan sembelit, sakit perut, dan muntah.  

7. Seng 

Bayam

Seng meningkatkan pertumbuhan rambut dan menjaga kelenjar minyak di sekitar folikel bekerja dengan baik. Saat tubuh memiliki kekurangan seng, Anda bisa mengalami kerontokan rambut.

Zat ini adalah yang paling rentan terhadap defisiensi seng dengan gaya hidup yang buruk seperti minum alkohol secara berlebihan.

Anda dapat menemukan seng dalam banyak makanan umum seperti daging sapi, bayam, bibit gandum, biji labu, tiram, dan lentil. Dosis zat besi harian yang direkomendasikan adalah 11 mg untuk pria dan 8 mg untuk wanita.

Apabila terlalu banyak konsumsi makanan di atas, ini menyebabkan hilangnya nafsu makan, kram dan sakit kepala. 

Memasukkan makanan kaya akan vitamin dan mineral ini ke dalam diet seimbang Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut dan mencegah masalah rambut seperti kerusakan, kekeringan, dan kerontokan

Demikian informasi terkait sumber vitamin untuk kesehatan rambut dari makanan yang mudah dijumpai sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×