7 Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah untuk Anda Cari

Senin, 10 Januari 2022 | 08:36 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Makanan Penurun Kolesterol yang Mudah untuk Anda Cari

ILUSTRASI. Makanan penurun kolesterol bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar Anda.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jumlah kolesterol dalam tubuh perlu dikontrol supaya tidak membahayakan kesehatan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Anda tidak perlu khawatir karena rekomendasi di artikel ini cukup mudah untuk Anda temukan.

Tubuh membutuhkan kolesterol supaya bisa berfungsi secara optimal. Namun, hal tersebut bisa terganggu saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu banyak. Penumpukan kolesterol dapat mengganggu aliran darah.

Akibatnya, tekanan darah meningkat sehingga risiko penyakit jantung pun jadi lebih besar. Meski Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi makanan ini, ada baiknya untuk tetap berkonsultasi dengan dokter. Apalagi jika ada jenis obat tertentu yang sedang Anda konsumsi.

Terong

Menurunkan kolesterol bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi 100 g terong. Selain mengontrol jumlah kolesterol, mengonsumsi terong juga menurunkan risiko penyakit lain. Contohnya, stroke dan obesitas.

Baca Juga: Ingin Kolesterol Stabil? Jangan Coba-Coba Konsumsi 8 Makanan Ini

Alpukat

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), mengonsumsi alpukat bisa Anda jadikan kebiasaan. Jenis buah itu mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol bai. Dengan begitu, kondisi jantung menjadi lebih baik.

Teh Hijau

Teh hijau jadi bahan alami selanjutnya yang efektif menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Hal itu disebabkan karena adanya katekin, salah satu senyawa yang baik untuk kesehatan. Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal itu.

Oatmeal

Oatmeal termasuk makanan penurun kolesterol.

Jika Anda mencari makanan penurun kolesterol, cobalah untuk mengonsumsi oatmeal. Dalam sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi 70 g oatmeal selama 28 hari mengalami penurunan kolesterol sebanyak 11.6%.

Seseorang membutuhkan 3 g serat per hari untuk menurunkan kolesterol. Nah, jumlah itu bisa Anda dapat dengan mengonsumsi 70 g oatmeal. Anda bisa mengolah oatmeal menjadi bubur dan menggabungkannya dengan makanan bergizi lain, misalnya buah-buahan.

Baca Juga: Selain Obat, Bahan Makanan Ini Bisa Menjadi Penurun Kolesterol Secara Alami

Kacang Kedelai

Makan kacang kedelai, tahu, tempe, atau olahan kacang kedelai lain ternyata bisa menurunkan kolesterol, lho. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 25 g kacang kedelai per hari bisa mengurangi kolesterol sebanyak 5%.

Cokelat Hitam

Tahukah Anda bahwa cokelat hitam termasuk salah satu makanan penurun kolesterol? Antioksidan dan antiinflamasi yang terdapat dalam cokelat hitam berpengaruh baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meski demikian, Anda perlu membatasi konsumsi cokelat hitam supaya tidak ada efek samping yang muncul.

Apel

Medical News Today merekomendasikan apel untuk menurunkan kolesterol. Anda bisa mendapat 3-7 g serat dengan mengonsumsi satu buah apel. Tak hanya serat, jumlah kolesterol juga bisa turun karena apel mengandung senyawa yang bernama polifenol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru