kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Gejala Penyakit ISPA dan Cara Mencegah Penyakit Penapasan Tersebut


Jumat, 10 Mei 2024 / 19:25 WIB
7 Gejala Penyakit ISPA dan Cara Mencegah Penyakit Penapasan Tersebut
ILUSTRASI. JAKARTA,25/8-PEMERIKSAAN ISPA. Pasien dengan gejala batuk dan sesak antre memeriksakan diri di Poli Batuk dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Puskesmas Mampang Prapatan, Jakarta, Jumat (25/8/2023). Pemeriksaan ini dilakukan untuk memeriksa para pasien yang terkena gejalas Infeksi Saluran Pernapan (ISPA). Rata-rata dalam satu shift yang berlangsung sejak pagi hingga siang, sebanyak 60 pasien dengan gejala batuk dan sesak memeriksakan diri ke puskesmas tersebut. Angka tersebut meningkat sekitar 50 persen dari biasanya yang hanya berjumlah 30-40 orang. Bedasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, ada 638.291 kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di Ibu Kota. Sejumlah masyarakat yang menderita ISPA diduga akibat buruknya kualitas udara di Jakarta. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada beberapa gejala penyakit ISPA dan cara pencegahan yang penting diketahui. Tak sedikit orang masih belum mengetahui apa itu penyakit ISPA.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) adalah istilah medis yang menggambarkan sekelompok penyakit yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan bawah, mulai dari hidung dan tenggorokan hingga paru-paru. 

Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai virus dan bakteri yang menyebar melalui udara atau kontak langsung dengan individu yang terinfeksi.

Baca Juga: Sendi Sering Kaku? Waspada 5 Gejala Rematik Berikut

Melansir dari Healthline, Infeksi ini sangat berbahaya bagi anak-anak, orang lanjut usia, dan orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh.

Meskipun gejala ISPA seringkali mirip dengan flu biasa, namun ISPA bisa menjadi kondisi serius terutama pada kelompok rentan seperti balita, lansia, dan individu dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Gejala Penyakit ISPA

1. Batuk

Batuk adalah gejala yang paling umum dari ISPA. Batuk bisa kering atau disertai dengan lendir, tergantung pada jenis penyebab infeksi.

2. Pilek dan Bersin

Gejala seperti pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin merupakan ciri khas ISPA. Pilek disebabkan oleh peradangan di saluran hidung dan sinus akibat infeksi virus.

Baca Juga: Cara Mengobati Sakit Tenggorokan, Coba 5 Bahan Alami Ini

3. Sakit Tenggorokan

Rasa sakit, terbakar, atau gatal di tenggorokan seringkali terjadi pada tahap awal ISPA.

4. Demam

Demam adalah respons alami tubuh terhadap infeksi. Peningkatan suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius merupakan tanda demam.

5. Sesak Napas

Pada kasus yang lebih serius, ISPA dapat menyebabkan sesak napas atau sulit bernapas. Hal ini bisa menjadi tanda bahwa infeksi telah menyebar ke saluran pernapasan bagian bawah.

6. Nyeri Tubuh

Rasa nyeri atau pegal-pegal di seluruh tubuh juga bisa terjadi sebagai gejala ISPA.

Baca Juga: Sering Sakit Perut? Waspada Ciri-Ciri Penyakit Usus Buntu Berikut

7. Kelelahan

Infeksi dapat menyebabkan tubuh merasa lelah dan lemah karena pertarungan sistem kekebalan tubuh melawan agen penyebab penyakit.

Cara Mencegah Penyakit ISPA

Untuk itu, ada beberapa cara mencegah penyakit ISPA di antaranya:

1. Cuci Tangan

Cuci tangan secara teratur dengan sabun dan air mengalir dapat membantu mencegah penyebaran virus dan bakteri.

2. Hindari Kontak dengan Orang Sakit

Hindari kontak dekat dengan orang yang sedang sakit, terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Baca Juga: Kaya Antioksidan Hingga Baik Untuk Jantung, Ini 5 Manfaat Kacang Kedelai

3. Vaksinasi

Vaksinasi influenza tahunan dapat membantu melindungi tubuh dari jenis virus influenza yang umum menyebabkan ISPA.

4. Praktik Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat seperti pola makan yang seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan mengelola stres juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan memahami gejala ISPA dan cara mencegahnya, kita dapat lebih siap dalam menghadapi risiko infeksi saluran pernapasan yang umum ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×