kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Gejala Penyakit Ginjal yang Bisa Dirasakan oleh Semua Orang


Senin, 05 Juni 2023 / 19:51 WIB
7 Gejala Penyakit Ginjal yang Bisa Dirasakan oleh Semua Orang


Reporter: Riset Kontan, Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengetahui kondisi apa saja yang termasuk dalam gejala penyakit ginjal merupakan langkah awal untuk mendapat pengobatan yang tepat. Semakin cepat Anda mengatasi tanda sakit ginjal yang muncul, semakin rendah pula risiko kesehatan yang perlu Anda alami.

Dengan memperhatikan gejalanya, Anda bisa mendapat perawatan secara cepat dan tepat sehingga kondisi ginjal bisa terselamatkan. Biasanya, penyakit ginjal muncul saat ada penyakit lain yang Anda alami.

Misalnya, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan lain-lain. Cobalah untuk mengontrol penyakit itu secara maksimal. Dengan begitu, kondisi kesehatan ginjal Anda bisa tetap terjaga. Jika Anda mengalami beberapa gejala berikut, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Nafsu Makan Turun

Penyakit ginjal dapat ditandai dengan nafsu makan yang turun. Melansir Aria Med Tour (ariamedtour.com), hal itu terjadi akibat penumpukan racun dalam tubuh. Selain nafsu makan berkurang, Anda juga sering mengalami mual dan muntah akibat penyakit ginjal.

Baca Juga: Selain Efektif Mengontrol Gula Darah, Ini Manfaat Susu Kunyit untuk Kesehatan

Nyeri Dada

Seperti yang sudah dikatakan, penyakit ginjal mengakibatkan penumpukan cairan. Hal itu juga bisa terjadi di paru-paru. Saat kondisi tersebut terjadi, Anda akan mengalami nyeri dada, bahkan sesak napas. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai gejala tersebut.

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil jadi gejala penyakit ginjal lainnya yang bisa Anda alami. Bahkan, Anda bisa mengeluarkan kencing yang berbuih dan bercampur dengan darah. Buih dan darah yang keluar jadi tanda bahwa ginjal gagal menyaring nutrisi penting untuk tetap tinggal dalam tubuh.

Kaki Bengkak

Kaki bengkak termasuk salah satu gejala penyakit ginjal.

Selain pembengkakan di bagian mata, pembengkakan karena adanya masalah ginjal juga bisa terjadi di bagian kaki. Ginjal gagal membuang natrium dari tubuh. Akibatnya, bagian kaki Anda menjadi lebih besar daripada ukuran normal.

Mata Bengkak

Apakah Anda memiliki mata bengkak? Jika Anda sudah melakukan berbagai macam cara mengatasi mata bengkak, tapi tak ada hasil yang terlihat, Anda perlu waspada. Kondisi itu bisa jadi salah satu gejala penyakit ginjal.

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur cairan dalam tubuh. Bila fungsi itu tak bisa berjalan maksimal, ada banyak penumpukan cairan di tubuh, salah satunya terlihat di bagian mata. Meski demikian, mata bengkak yang tak kunjung hilang juga bisa terjadi akibat penyakit lever. Jadi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 5 Penyebab Batu Ginjal yang Sebaiknya Anda Waspadai

Kulit Gatal

Aria Med Tour menyebutkan bahwa penyakit ginjal bisa ditandai dengan kulit yang terus terasa gatal. Ketidakseimbangan mineral dalam tubuh karena ginjal tidak bisa melakukan fungsinya dengan maksimal mengakibatkan rasa gatal yang terjadi secara terus-menerus.

Sering Lelah

Saat ginjal bermasalah, Anda menjadi lebih mudah merasa lelah. Bahkan, lelah yang Anda rasakan muncul ketika Anda tidak melakukan banyak aktivitas fisik yang menguras tenaga. Saat hal itu terjadi, jangan ragu untuk membicarakannya ke dokter, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×