kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Penyebab Batu Ginjal yang Sebaiknya Anda Waspadai


Rabu, 26 Januari 2022 / 12:13 WIB
5 Penyebab Batu Ginjal yang Sebaiknya Anda Waspadai
ILUSTRASI. Ada banyak penyebab batu ginjal yang bisa Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Batu ginjal bisa terbentuk karena berbagai macam faktor. Dengan mengenali hal apa saja yang termasuk dalam daftar penyebab batu ginjal, Anda bisa menurunkan risiko masalah kesehatan yang lebih serius.

Mengutip dari Harvard Health Publishing (health.harvard.edu), batu ginjal terbentuk akibat penumpukan beberapa jenis mineral dalam tubuh. Mineral yang menumpuk akan mengkristal dan ukurannya terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Nah, ukuran batu ginjal yang terus membesar dapat mengganggu aliran dalam saluran pencernaan. Akibatnya, Anda mengalami rasa sakit, apalagi saat buang air kecil. Untuk menghindari hal itu, tentu saja Anda perlu menghindari beberapa faktor penyebabnya.

Makanan Tinggi Natrium

Terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium bisa jadi salah satu penyebab batu ginjal. Alasannya karena jenis makanan itu dapat meningkatkan jumlah kalsium yang mana meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Baca Juga: Efektif Mengontrol Berat Badan, Ini Manfaat Seledri untuk Kesehatan

Dehidrasi

Dehidrasi atau tubuh yang kekurangan cairan dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Banyak minum air putih dapat mengencerkan zat yang terkandung dalam urin sehingga risiko pembentukan batu ginjal dapat turun.

Usahakan untuk minum 2 L air putih setiap hari. Selain itu, megonsumsi buah sitrus, seperti lemon atau jeruk, juga bisa Anda jadikan pilihan. Dengan begitu, Anda bisa menghindari terbentuknya batu ginjal dalam tubuh.

Protein Hewani

Penyebab batu ginjal berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah protein hewani, seperti daging merah, telur, atau seafood. Jenis makanan itu mampu meningkatkan asam urat sehingga risiko terbentuknya batu ginjal pun semakin tinggi.

Tidak berhenti sampai di situ, terlalu banyak mengonsumsi protein hewani dapat menurunkan jumlah sitrat dalam urin. Padahal, senyawa itu dibutuhkan agar urin tak menumpuk dan membentuk batu ginjal.

Baca Juga: 4 Alasan Air Lemon Efektif Menurunkan Berat Badan

Konsumsi Beberapa Jenis Obat

Mengonsumsi jenis obat tertentu bisa jadi penyebab batu ginjal.

Batu ginjal bisa terbentuk ketika Anda mengonsumsi beberapa jenis obat tertentu. Contohnya, antibiotik, obat HIV, dan lain sebagainya. segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter jika mengalami gejala batu ginjal, seperti sulit buang air kecil, muncul rasa sakit, dan lain-lain.

Jenis Makanan Tertentu

Harvard Health Publishing mengatakan bahwa jenis makanan tertentu dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal. Misalnya, cokelat, bayam, atau buah bit. Beberapa jenis buah itu dapat meningkatkan risiko batu ginjal karena mengandung banyak oksalat.

Jika Anda terbiasa mengonsumsi jenis makanan itu, cobalah untuk mulai mengurangi jumlah yang Anda konsumsi agar batu ginjal tak terbentuk. Biasanya, dokter juga akan merekomendasikan Anda untuk benar-benar berhenti mengonsumsi makanan yang kaya oksalat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×