kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan


Selasa, 12 Juli 2022 / 11:07 WIB
7 Gejala Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan
ILUSTRASI. 7 Gejala Kolesterol


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Simak 7 gejala kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai di artikel ini. Kolestrol adalah lemak berwarna kekuningan berbentuk seperti lilin yang diproduksi oleh tubuh manusia, terutama di dalam lever (hati).

Fungsi kolesterol adalah untuk membuat hormon seks, hormon korteks adrenal, vitamin D, dan untuk membuat garam empedu yang membantu usus untuk menyerap lemak. Jadi, jika takarannya pas atau normal, kolestro berperan penting dalam tubuh. 

Namun, jika terlalu banyak, kolestrol dalam aliran darah justru berbahaya bagi tubuh. Gejala kolesterol khususnya pada remaja kadang tidak disadari oleh banyak orang dan kadang diabaikan. 

Gejala kolesterol kebanyakan dialami karena pola makan dan gaya hidupnya sehingga menimbulkan kolesterol tinggi. 

Lantas, apa saja gejala kolesterol tinggi yang biasanya sering diabaikan? 

Baca Juga: Daftar Bahan Makanan, Buah & Sayur Penurun Darah Tinggi, Penting Usai Pesta Daging

7 Gejala kolesterol tinggi 

7 Gejala Kolesterol

Dirangkum dari Jurnal Mantik Penusa dan laman RSUD Dr. Saiful Anwar Pemprov Jatim, berikut adalah 7 gejala kolesterol tinggi yang sering diabaikan: 

1. Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang

Gejala kolesterol yakni pusing atau kepala bagian belakang terasa berat harus diwaspadai, karena bisa jadi disebabkan oleh kolesterol tinggi. Sebab, kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di sekitar otak dan kepala. Apabila dibiarkan, maka bisa berakibat fatal, yaitu pecahnya pembuluh darah yang menyebabkan stroke.

2. Pegal ini juga sampai ke pundak

Selanjutnya, gejala kolesterol adalah pundak dan tengkuk terasa pegal bisa jadi karena kurangnya pasokan oksigen dan darah ke area tersebut akibat penumpukan kolesterol. Oleh karena itu, segera waspadai dan lakukan upaya mengatasinya.

Baca Juga: 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

3. Kaki bengkak

Kemudian, gejala kolesterol yakni kaki terasa nyeri bisa juga merupakan tanda kolesterol tinggi. Kolesterol menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah arteri sehingga aliran darah ke kaki terhambat.

4. Nyeri Dada

Kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang tinggi ini berperan penting dalam terbentuknya plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Plak adalah penyebab tersumbatnya pembuluh darah jantung yang dapat memicu meningkatnya risiko penyakit jantung dan strok. Sehingga, gejala kolesterol yakni nyeri pada dada. 

5. Gampang mengantuk

Kemudian, gampang mengantuk juga menjadi salah satu gejala kolesterol. Sering menguap terjadi akibat kurangnya pasokan oksigen ke otak. Sering mengantuk yang tidak wajar bisa jadi akibat penumpukan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah sehingga pasokan oksigen ke otak tidak bisa optimal.

Baca Juga: Benarkah Daging Merah dan Daging Putih Buruk untuk Kesehatan Penderita Kolesterol?

6. Warna kuku berubah

Warna kuku yang berubah juga bisa menjadi salah satu gejala kolesterol. Terganggunya sirkulasi darah menyebabkan kuku tidak mendapat pasokan darah yang cukup sehingga akan terjadi perubahan yang bisa dikenali dengan mudah. Di antaranya kuku menebal dan lebih lambat pertumbuhannya.

7. Kram pada malam hari

Kram pada beberapa anggota tubuh di malam hari atau setelah bangun tidur juga menjadi salah satu gejala kolesterol tinggi. 

Kram bisa terjadi pada kaki, tumit, telapak kaki dan anggota tubuh lainnya. Rasa nyeri tersebut akan hilang dengan sendirinya ketika Anda menggerakkan anggota tubuh.

Demikian, itulah 7 gejala kolesterol yang sering diabaikan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×