7 Dampak makan telur setiap hari bagi kesehatan tubuh

Senin, 19 Oktober 2020 | 15:52 WIB Sumber: Kompas.com
7 Dampak makan telur setiap hari bagi kesehatan tubuh

ILUSTRASI. 7 Dampak makan telur setiap hari bagi kesehatan tubuh. Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Telur adalah bahan makanan yang murah, praktis, dan enak. Banyak orang suka makan telur. Lalu bagaimana dampak makan telur setiap hari? Apakah berbahaya?

Telur mungkin menjadi salah satu bahan makanan praktis untuk disajikan saat sarapan. Selain praktis, telur juga nikmat dan bergizi.

Sebutir telur mengandung sekitar 6 gram protein yang dapat membuat kita kenyang. Telur bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari telur dadar, telur rebus atau telur mata sapi yang begitu sederhana, hingga menjadi pelengkap dengan nasi goreng. Nah pertanyaannya, apa yang terjadi pada tubuh jika kita mengonsumsi telur setiap hari? 

1. Merasa berenergi 

Dampak makan telur setiap hari adalah merasa berenergi. Karena telur dapat memberi kita suntikan energi yang sangat dibutuhkan untuk beraktivitas. 

Menurut pelatih nutrisi di Innovative Fitness, Sean Allt, telur dapat menjadi sumber energi yang baik karena komposisi nutrisinya. "Kombinasi protein dan lemak, yang relatif lambat dicerna jika dibandingkan dengan karbohidrat, dalam hubungannya dengan B12 yang dikandung telur, membantu menyediakan cadangan energi yang stabil selama beberapa jam setelah memakannya," jelasnya seperti dilansir Eat This. 

Baca juga: China diperkirakan segera punya kapal induk ketiga yang canggih, ini kehebatannya

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

Dampak makan telur setiap hari yang selanjutnya adalah memiliki sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Menurut para pakar, telur juga bisa mendukung sistem kekebalan tubuh karena keragaman nutrisi yang dikandungnya. Sehingga, sistem kekebalan tubuh memiliki kemampuan terbaik untuk melawan berbagai penyakit. 

Allt menambahkan, telur memiliki konsentrasi vitamin A, D, dan E penting yang semuanya merupakan kunci untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh yang baik. Menurut ahli gizi tersertifikasi dari SuperDuperNutrition.com, Paul Claybrook, telur juga tinggi selenium, antioksidan kuat yang juga berfungsi sebagai penguat kekebalan tubuh. 

Selenium memiliki efek anti-peradangan yang dapat mengurangi keterlibatan sistem kekebalan tubuh. "Kedua sifat antioksidan dan anti-peradangan ini menangani hal-hal yang seharusnya ditangani oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat melawan ancaman lain," ungkap Claybrook. 

Simak dampak makan telur setiap hari di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto


Terbaru