7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Menjadi Lebih Subur, Simak!

Senin, 12 September 2022 | 12:43 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Cara Meningkatkan Kualitas Sperma Agar Menjadi Lebih Subur, Simak!

ILUSTRASI. Sperma


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada beberapa cara meningkatkan kualitas sperma supaya menjadi lebih subur. Pasal, tak sedikit para laki-laki yang mempunyai masalah kesuburan, mulai dari sperma yang encer, sedikit dan lain-lain.

Untuk mengatasi masalah kesuburan tersebut, terdapat beberapa cara meningkatkan kualitas sperma yang perlu Anda ketahui. Salah satu cara yang paling umum adalah menjalankan gaya hidup sehat dan mengurangi hal-hal yang tidak baik untuk kesehatan. 

Pasalnya, tubuh yang sehat akan menghasilkan kualitas sperma yang sehat pula begitupun sebaliknya. Tidak sedikit para laki-laki yang mengalami masalah kesuburan akibat kualitas sperma yang kurang baik.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Susah Tidur yang Patut Anda Coba Lakukan

Melansir Aspire Fertility, terdapat beberapa cara meningkatkan kualitas sperma laki-laki agar dapat menjadi lebih subuh serta meningkatkan potensi kehamilan. 

1. Berhenti Merokok

Berhenti merokok merupakan cara yang bijak untuk meningkatkan kualitas sperma. Pasalnya, Merokok menurunkan jumlah sperma dan mengurangi mobilitasnya. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tembakau dapat memengaruhi DNA dalam sperma dan meningkatkan risiko infertilitas dan meningkatkan risiko keguguran bagi pasangan Anda. 

2. Menghindari Makanan dan Minuman yang Meningkatkan Testosteron

Cara meningkatkan kualitas sperma selanjutnya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang bisa meningkatkan hormon testosteron. Pasalnya, dapat menurunkan kualitas kesuburan Anda.

Baca Juga: Top Skor BRI Liga 1 2022/2023: Matheus Pato Masih Jadi Pencetak Gol Terbanyak Pekan 9

3. Konsumsi Makan Sehat

Cobalah untuk menghindari junk food yang sarat dengan lemak, gula, dan pengawet untuk meningkatkan kualitas sperma Anda. Untuk membuat sperma Anda lebih kuat, Anda harus mencoba makan makanan yang sehat dan seimbang yang mengandung banyak nutrisi dan protein. 

4. Olahraga 

Cobalah untuk menemukan rutinitas yang dapat Anda pertahankan karena akan meningkatkan kualitas sperma Anda, salah satunya olahraga. Saat Anda berolahraga, Anda melepaskan testosteron yang membantu produksi sperma. 

5. Batasi Alkohol dan Kafein

Batasi asupan alkohol adalah hal yang cerdas untuk meningkatkan kualitas sperma. Hal tersebut dikarenkana dapat menyebabkan penurunan produksi sperma dan telah dikaitkan dengan kelainan sperma. 

Minum kafein dapat mengurangi konsentrasi sperma dan jumlah sperma juga. Para ahli menyarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300 miligram kafein sehari, yang setara dengan sekitar tiga porsi enam ons.

Baca Juga: Jadwal Timnas Jepang Di Piala Dunia 2022 Qatar, Catat!

6. Menjaga Suhu Tetap Dingin

Cara meningkatkan kualitas sperma lainnya adalah usahakan menjaga suhu tubuh tetap dingin. Pasalnya, Testis perlu tetap dingin karena produksi sperma terjadi pada suhu yang sangat spesifik. 

Aktivitas apa pun yang menyebabkan panas berlebih dapat menurunkan produksi sperma. Contohnya, menghindari bak mandi air panas lebih dari dua kali seminggu selama lebih dari 15 menit setiap kali. Memegang laptop di pangkuan Dan memakai celana ketat juga dapat menurunkan kualitas sperma karena suhu menjadi lebih panas. 

7. Jangan Stres

Kualitas dan jumlah sperma Anda mungkin rendah jika Anda selalu bekerja dua belas jam sehari tanpa istirahat. Stres dapat menurunkan fungsi seksual dan produksi sperma. 

Oleh karena itu, cobalah untuk bersantai dan menenangkan pikiran agar kualitas sperma bisa meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru