7 Cara mengobati sakit perut ini memakai bahan alami, lo

Jumat, 26 November 2021 | 10:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
7 Cara mengobati sakit perut ini memakai bahan alami, lo

ILUSTRASI. Cara mengobati sakit perut ada banyak, misalnya dengan bahan alami. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sakit perut adalah salah satu kondisi yang umum terjadi dan dapat dialami oleh siapa saja. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya. Cara mengobati sakit perut tetap Anda perlukan untuk menghindari masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Biasanya, sakit perut dibarengi dengan masalah kesehatan yang lain. Mulai dari muntah, perut kembung, frekuensi sendawa meningkat, dan kehilangan nafsu makan. Sebenarnya, ada banyak obat yang bisa Anda pilih di apotek.

Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Meski demikian, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut tak kunjung hilang dalam jangka waktu lama.

Serat

Women’s Health (womenshealthmag.com) mengatakan bahwa sakit perut bisa berkurang saat Anda meningkatkan asupan serat. Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak serat. Mulai dari sayur, buah, dan sereal. Pilihlah jenis makanan yang Anda sukai supaya sakit perut berkurang.

Baca Juga: Bukan hanya bintik merah, ini ciri demam berdarah pada anak yang harus diwaspadai

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa Anda konsumsi sebagai cara mengobati sakit perut. Bahan alami tersebut memiliki sifat laksatif yang mampu mengatasi sakit perut akibat sembelit atau susah buang air besar. Tak hanya itu, lidah buaya juga efektif mengatasi asam lambung naik.

Susu

Sakit perut pun dapat Anda atasi dengan mengonsumsi susu. Apalagi jika sakit perut menimbulkan kondisi yang lain, seperti heartburn atau sensasi terbakar. Kandungan dalam susu akan menetralkan zat asam yang membuat Anda sakit perut.

Apel

Cara mengobati sakit perut bisa menggunakan apel.

Apel adalah pilihan obat sakit perut yang tepat saat kondisi itu terjadi karena Anda sembelit atau sulit buang air besar. Usahakan untuk mengonsumsi jenis buah itu bersama dengan kulitnya, ya. Pectin di kulit apel bisa membantu sistem pencernaan supaya tetap sehat.

Yogurt

Jenis makanan selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati sakit perut adalah yogurt. Kandungan dalam yogurt mampu memperbaiki kondisi sistem pencernaan dan mengurangi jumlah gas yang menumpuk dalam perut.

Baca Juga: Konsumsi 5 makanan ini sebagai cara mengatasi maag

Jahe

Pakai jahe sebagai cara mengobati sakit perut.

Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi perut yang sakit, apalagi yang disebabkan karena penumpukan makanan dalam sistem pencernaan. Kandungan dalam jahe bisa mempercepat pergerakan makanan di usus kecil sehingga rasa sakit bisa berkurang.

Teh Kamomil

Apakah Anda suka minum teh kamomil? Ternyata, bahan alami itu bisa meredakan sakit perut, lo. Mengutip dari Women’s Health (womenshealthmag.com), teh kamomil mengandung banyak antiinflamasi yang berguna untuk menenangkan dinding saluran pencernaan yang bermasalah.

Selanjutnya: Jadwal Liga Inggris Arsenal vs Newcastle United: The Magpies ancam The Gunners

Editor: Belladina Biananda
Terbaru