6 Tanda-Tanda Hamil Muda pada Wanita, Kenali Kondisi Tubuh Anda

Rabu, 05 Oktober 2022 | 15:20 WIB   Penulis: Mega Putri
6 Tanda-Tanda Hamil Muda pada Wanita, Kenali Kondisi Tubuh Anda

Berikut tanda-tanda hamil muda pada wanita yang perlu Anda ketahui sebelum periksa dan memastikan ke dokter.


KONTAN.CO.ID - Tanda-tanda hamil terkadang tidak disadari oleh wanita karena beberapa faktor. Demi memberi nutrisi yang baik pada calon bayi sejak awal kehamilan, kenali kondisi tubuh Anda untuk mengetahui tanda-tanda hamil muda.

Masa-masa awal kehamilan menjadi momen sangat penting untuk perkembangan janin. Jika tidak mengetahui sedang hamil, Anda mungkin tidak sengaja akan melakukan sesuatu yang membahayakan kehamilan.

Tidak mengenali kondisi tubuh untuk tanda-tanda hamil muda juga bisa membuat Anda kurang serius menjaga kesehatan atau asupan makanan/minuman. Nah, berikut adalah tanda-tanda hamil muda yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 5 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah dan Mitosnya, Kenali Kondisi Kulit Anda

Terlambat Haid atau Menstruasi

Tanda hamil yang satu ini adalah tanda hamil yang paling umum diketahui oleh orang-orang. Mengutip situs my.clevelandclinic.org, wanita akan berhenti haid ketika tubuh memproduksi hormon yang menghentikan ovulasi dan pelepasan lapisan rahim Anda.

Anda tidak akan mengalami menstruasi hingga setelah melahirkan. Terlambat menstruasi sebagai tanda hamil sangat dapat dikenali kecuali bagi wanita yang jadwal menstruasinya tidak rutin setiap bulan karena ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi penyebabnya.

Mual

Tanda-tanda hamil muda yang paling dikenali lainnya adalah mual-mual. Meski juga dikenal dengan sebutan morning sickness, namun rasa mual-mual dapat dirasakan wanita di pagi, siang maupun malam hari.

Mual-mual juga bisa menjadi tanda-tanda hamil muda karena menurut my.clevelandclinic.org, mual terjadi sejak awal kehamilan di usia 2 minggu. Meski merasa mual, seringkali wanita hamil tidak sampai memuntahkan sesuatu.

Baca Juga: Ngefans Choi Jin Hyuk? Ini Sinopsis & Link Nonton Sub Indo Drakor yang Dibintanginya

Perut kembung

Banyak tanda-tanda hamil yang tidak disadari di saat usia awal kehamilan seperti perut kembung. Menurut situs alodokter, perubahan hormon saat hamil dapat berpengaruh ke sistem pencernaan sehingga terjadi sembelit dan perut kembung.

Tanda hamil dengan perut kembung akan membuat perut Anda membesar dan lebih kencang, sering sendawa dan atau sering buang gas. Perut kembung ini bisa menjadi tanda-tanda hamil muda karena terjadi di minggu pertama.

Mudah Lelah

Wanita yang sedang hamil akan lebih mudah lelah dari biasanya meski tidak melakukan banyak aktivitas berat. Menurut situs halodoc, ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron sehingga  ibu mengalami kelelahan dan mengantuk saat menjalani kehamilan.

Situs my.clevelandclinic.org menjelaskan, rasa mudah lelah tersebut sering terjadi sebagai tanda awal kehamilan. Kondisi pada ibu hamil ini akan membaik di trimester 2. Namun bagi banyak orang, tanda hamil ini akan terasa lagi pada trimester 3.

Baca Juga: Miracle in Cell No. 7 Semakin Laris, Tembus 5 Juta Penonton di Bioskop Indonesia

Sensitif pada Bau dan Hilang Nafsu Makan

Tanda hamil selanjutnya yaitu sensitif terhadap bau-bau yang ada di sekitarnya. Ini sering dialami oleh wanita sebagai tanda-tanda hamil muda dan akhirnya berujung pada kehilangan nafsu makan.

Perubahan pada Payudara

Satu lagi tanda-tanda hamil yang perlu diperhatikan adalah perubahan yang terjadi pada payudara. Perubahan hormon juga berpengaruh pada payudara yang berubah menjadi lebih besar, kencang atau padat.

Tanda-tanda hamil muda pada payudara juga dapat terlihat pada puting yang lebih menonjol dan berwarna lebih gelap. Jika mengalami lebih dari dua tanda-tanda hamil, segera periksa ke dokter untuk memastikan usia kehamilan dan memeriksa kondisi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru