5 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah dan Mitosnya, Kenali Kondisi Kulit Anda

Selasa, 04 Oktober 2022 | 11:28 WIB   Penulis: Mega Putri
5 Ciri-Ciri Orang Hamil dari Raut Wajah dan Mitosnya, Kenali Kondisi Kulit Anda

Inilah sederet ciri-ciri orang hamil dari raut wajah dan penyebabnya dari tubuh beserta mitos yang ada di masyarakat tentang kulit ibu hamil.


KONTAN.CO.ID - Ciri-ciri orang hamil tidak hanya terlihat dari morning sickness, perubahan bentuk tubuh atau mudah lelah saja. Berikut ada ciri-ciri orang hamil dari raut wajah, penyebab dan juga mitos yang menyertainya.

Ciri-ciri orang hamil yang sangat dikenali orang pada umumnya adalah perubahan bentuk tubuh karena adanya penambahan berat badan. Selain itu ada gejala morning sickness, ukuran payudara yang membesar hingga mudah merasa kelelahan.

Di sisi lain, Anda juga dapat memperhatikan ciri-ciri orang hamil berdasarkan perubahan atau kondisi yang terjadi pada raut wajah seseorang. Ini terlihat dari adanya masalah kulit atau perubahan pada kondisi kulit Anda.

Baca Juga: Drakorindo Bahaya, Tonton Sederet Drakor Terbaru Sub Indo yang Seru di Situs Ini

Melasma

Perubahan yang terjadi pada kondisi kulit di wajah saat orang hamil disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh wanita. Menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists, salah satu ciri orang hamil dari raut wajah adalah munculnya melasma.

Ini adalah perubahan kondisi kulit dengan munculnya bercak cokelat di wajah pada bagian sekitar pipi, hidung dan dahi. Flek hitam atau melasma ini adalah masalah kulit yang umum dan dapat hilang dengan sendirinya serta tidak berbahaya bagi kesehatan kulit.

Jerawat

Selanjutnya, situs The American College of Obstetricians and Gynecologists juga menyebutkan jerawat. Jerawat sebagai ciri orang hamil dari raut wajah yang juga dialami oleh banyak wanita.

Menurut situs tersebut, beberapa wanita bahkan mengalami kondisi jerawat yang semakin parah saat kehamilan. Meski selama ini memiliki wajah yang bersih, jerawat saat kehamilan juga dapat dialami oleh wanita-wanita tersebut.

 Hindari jerawat saat hamil dengan cara membersihkan wajah 2 kali sehari, hindarkan rambut yang berminyak dari wajah, jangan memencet jerawat dengan tangan, gunakan kosmetik yang tidak memiliki banyak kandungan minyak.

Baca Juga: Promo J.CO Mingguan Terbaru 3-9 Oktober 2022, Paket Lezat di Awal Bulan

Spider Veins (Pembuluh Darah Kemerahan)

Situs The American College of Obstetricians and Gynecologists menjelaskan, spider veins dapat muncul pada orang hamil terutama di usia paruh pertama kehamilan. Pembuluh darah kemerahan pada kulit ini akan menghilang usai melahirkan.

Pembuluh darah kemerahan masuk salah satu ciri orang hamil dari raut wajah karena biasanya muncul di kulit wajah, leher, dan lengan. Ini terjadi pada wanita hamil karena adanya perubahan hormon dan sirkulasi darah yang lebih tinggi.

Penggelapan Tanda Lahir dan Tahi Lalat

Artikel dari Halodoc menyebutkan, penggelapan tanda lahir dan tahi lalat masuk dalam ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Pigmentasi ini bisa bertahan sampai setelah melahirkan dan dianggap tidak berbahaya. Namun jika berubah bentuk, segera periksa ke dokter kulit.

Baca Juga: Miracle in Cell No. 7 Semakin Laris, Tembus 5 Juta Penonton di Bioskop Indonesia

Wajah Berminyak atau Kusam

Banyak orang yang meyakini bahwa kulit wajah kusam, jerawat dan berminyak berarti ibu sedang mengandung bayi perempuan. Sementara, orang hamil dengan wajah bersih berarti sedang mengandung anak laki-laki.

Melansir Alodokter, hal tersebut adalah mitos dan belum dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Kondisi kulit yang berminyak pada ciri orang hamil disebabkan oleh peningkatan hormon yang memproduksi lebih banyak minyak sehingga berpengaruh pada wajah.

Sementara, ada kondisi yang disebut pregnancy glow untuk ciri orang hamil dari raut wajah yang terlihat lebih cerah dan bersih. Menurut Alodokter, ini terjadi karena pertambahan aliran dan sirkulasi darah di tubuh sehingga kulit menjadi lebih cerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Mega Putri

Terbaru