6 Rekomendasi obat herbal kolesterol ini mudah didapat

Selasa, 03 Agustus 2021 | 08:19 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Rekomendasi obat herbal kolesterol ini mudah didapat

ILUSTRASI. Teh hijau termasuk salah satu obat herbal kolesterol yang bisa Anda coba.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kolesterol adalah salah satu bentuk lemak yang bisa teroksidasi sehingga menimbulkan masalah pada kesehatan. Salah satu cara untuk menurunkan risiko tersebut adalah dengan mengonsumsi obat herbal kolesterol.

Saat dibiarkan terus menumpuk, kolesterol dapat mengganggu aliran darah dalam tubuh. Akibatnya, tekanan darah meningkat, begitu pula dengan risiko stroke, penyakit jantung, atau penyakit yang lain.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami yang ada dalam artikel ini hanya sebagai pelengkap, ya. Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter dan mengonsumsi obat yang disarankan. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda bisa tetap terjaga.

Teh Hijau

Mengutip dari Common Sense Home (commonsensehome.com), mengonsumsi teh hijau bisa jadi salah satu cara menurunkan kolesterol. Katekin, salah satu kandungan dalam teh hijau, mampu menurunkan tingkat oksidasi kolesterol sehingga kerusakan dapat berkurang.

Baca Juga: Cek, ini kadar kolesterol normal orang dewasa

Oatmeal

Apakah Anda gemar mengonsumsi oatmeal? Ternyata, salah satu jenis makanan itu termasuk salah satu obat herbal kolesterol, lo. Serat dalam oatmeal yang larut dalam air dapat menurunkan jumlah kolesterol secara keseluruhan.

Bluberi

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan sebagai cara menurunkan kolesterol adalah bluberi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi bluberi mampu meningkatkan fungsi vaskular. Tidak berhenti sampai di situ, antioksidan yang terdapat dalam bluberi pun efektif meredakan peradangan.

Minyak Ikan

Common Sense Home mengatakan bahwa minyak ikan dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Sama seperti bluberi, minyak ikan juga bisa meredakan peradangan. Manfaat-manfaat itu berasal dari asam lemak omega-3 yang terkandung dalam minyak ikan.

Baca Juga: 4 Obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba

Apel

Apel termasuk dalam daftar obat herbal kolesterol.

Apel termasuk salah satu obat herbal kolesterol yang bisa Anda jadikan pilihan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State University, partisipan yang mengonsumsi apel setiap hari selama enam bulan mengalami penurunan kolesterol jahat sebanyak 23%.

Bawang Putih

Cara menurunkan kolesterol berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Antivirus, antibakteri, antijamur, dan kandungan lain dalam bahan alami itu juga efektif menurunkan tekanan darah dan membantu liver supaya tetap berfungsi secara optimal.

Selanjutnya: Segini takaran konsumsi coklat hitam untuk menurunkan kolesterol tinggi

Editor: Belladina Biananda
Terbaru