4 Obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba

Sabtu, 31 Juli 2021 | 13:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba

KONTAN.CO.ID - Kesehatan tubuh bisa terjaga saat tekanan darah Anda lebih terkontrol. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan rutin mengonsumsi obat herbal tekanan darah tinggi.

Penumpukan kolesterol biasanya jadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Kolesterol tersebut mengganggu aliran darah sehingga tekanan darah pun menjadi sulit terkontrol.

Jika kondisi itu terus terjadi, bukan tidak mungkin jantung dan bagian tubuh yang lain semakin bermasalah.

Perlu diingat bahwa beberapa bahan alami ini sebaiknya dikonsumsi dengan pengawasan dokter, ya. Apalagi, jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat lain atau memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Dengan berkonsultasi dengan dokter, efek samping yang tidak diinginkan bisa Anda hindari.

Bluberi dan lemon

Laman Tuasaude merekomendasikan bluberi untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Supaya efek antioksidan yang terkandung dalam jenis buah itu bisa terserap tubuh secara maksimal, cobalah untuk mengkombinasikannya dengan lemon.

Baca Juga: 9 Tanaman herbal ini bisa mengobati asam urat yang mengganggu

Bawang putih

Bawang putih termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi yang bisa ditemukan dengan mudah.

Jenis bahan alami itu mampu meningkatkan produksi asam nitrat sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Dengan begitu, tekanan darah pun bisa lebih stabil.

Anda perlu merendam satu siung bawang putih dalam 100 ml air terlebih dahulu. Lakukan langkah tersebut selama enam hingga delapan jam.

Setelah itu, minum air bawang putih secara rutin. Untuk memudahkan, Anda bisa merendam bawang putih di malam hari, lalu minum airnya di pagi hari.

Daun zaitun

Daun zaitun juga bisa Anda gunakan sebagai obat herbal tekanan darah tinggi, lo. Caranya, masukkan 2 sdm bubuk daun zaitun dalam 500 ml air rebus.

Diamkan dulu selama lima hingga 10 menit kemudian saring air tersebut. Minum air daun zaitun sebanyak tiga hingga empat kali dalam sehari.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara menurunkan kolesterol secara alami,

Teh hibiscus

Teh hibiscus termasuk salah satu obat herbal tekanan darah tinggi.

Teh hibiscus adalah teh yang terbuat dari kembang sepatu. Mengutip dari Tuasaude, kandungan dalam jenis teh itu efektif menurunkan tekanan darah. Jadi, teh hibiscus cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Ada banyak produk teh hibiscus yang dijual di pasaran. Namun, tidak ada salahnya untuk membuat jenis teh itu sendiri.

Cobalah untuk minum teh hibiscus satu hingga dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk memberikan jarak selama delapan jam jika Anda ingin minum teh tersebut lebih dari sekali.

Selanjutnya: 5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini mudah dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru