kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini mudah dicoba


Kamis, 24 Juni 2021 / 11:15 WIB
5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi ini mudah dicoba
ILUSTRASI. Ada banyak cara menurunkan tekanan darah tinggi yang mudah untuk dipraktikkan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu kondisi yang perlu Anda waspadai. Biasanya, hipertensi tidak menimbulkan gejala apa pun. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cek kesehatan rutin. Selain itu, beberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi juga perlu Anda coba.

Umumnya, dokter akan memberikan beberapa saran obat yang perlu Anda konsumsi. Nah, efek obat bisa smekain Anda maksimalkan dengan menerapkan pola hidup sehat. Tak hanya mengontrol tekanan darah, pola hidup sehat juga baik untuk kondisi tubuh secara keseluruhan.

Jika beberapa cara ini tak Anda coba, bisa jadi hipertensi semakin parah. Bahkan, risiko penyakit jantung, stroke, atau jenis penyakit lain dapat bertambah. Jika Anda ingin mencoba beberapa cara dalam artikel ini, jangan lupa untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya.

Berhenti Merokok

Berhenti merokok jadi salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi yang penting untuk Anda coba. Senyawa yang Anda hirup bersama dengan asap rokok dapat meningkatkan jumlah plak di pembuluh darah. Hal itulah yang membuat tekanan darah menjadi lebih sulit terkontrol.

Cobalah untuk mengurangi kebiasaan merokok. Jika Anda merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan saran yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Coba 6 rekomendasi obat herbal tekanan darah tinggi ini

Kontrol Berat Badan

Mengutip Florida Medical Clinic (floridamedicalclinic.com), berat badan berlebih memberikan lebih banyak tekanan pada jantung. Hal itulah yang membuat tekanan darah Anda tinggi. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda mulai mengontrol berat badan.

Kelola Stres

Stres berlebih yang tak terkelola dengan baik dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat, lo. Maka dari itu, salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi adalah mengelola stres dengan baik. Ada banyak hal yang bisa Anda coba agar stres bisa tersalurkan dengan baik, seperti meditasi, yoga, atau melakukan hobi.

Baca Juga: 4 Pilihan obat herbal kolesterol yang perlu Anda coba

Olahraga

Florida Medical Clinic menyebutkan ada banyak manfaat olahraga yang bisa Anda dapat. Tidak hanya mengontrol tekanan darah, rajin olahraga juga mampu menjaga kesehatan jantung dan organ dalam tubuh lainnya. Tak berhenti sampai di situ, stres bisa berkurang saat Anda berolahraga.

Batasi Konsumsi Alkohol

Membatasi konsumsi alkohol termasuk cara menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain beberapa cara yang telah disebutkan, membatasi atau bahkan benar-benar tidak mengonsumsi alkohol bisa menurunkan tekanan darah. Sama seperti merokok, jika Anda kesulitan untuk berhenti mengonsumsi alkohol, tak ada salahnya untuk meminta saran dari dokter agar kebiasaan buruk itu dapat Anda atasi.

Selanjutnya: Inilah golongan darah yang dinilai lebih rentan terkena diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×