Tips Sehat

4 Pilihan obat herbal kolesterol yang perlu Anda coba

Rabu, 23 Juni 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Pilihan obat herbal kolesterol yang perlu Anda coba

ILUSTRASI. Teh hijau termasuk salah satu obat herbal kolesterol.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak pengaruh buruk yang bisa Anda rasakan saat jumlah kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi. Salah satunya adalah aliran darah menjadi tersumbat sehingga tekanan darah kurang stabil. Untuk menghindari itu, ada banyak obat herbal kolesterol yang bisa Anda coba.

Saat tekanan darah tak terkontrol, risiko penyakit jantung pun meningkat. Kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan pun dapat terganggu. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengatur makanan apa saja yang Anda konsumsi sehari-hari.

Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan ini. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi beberapa jenis obat yang disarankan dokter.

Teh Hijau

NDTV Food (food.ndtv.com) merekomendasikan teh hijau untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam tubuh. Polifenol yang terdapat dalam teh hijau efektif mencegah penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Artinya, jumlah kolesterol jahat akan berkurang sedangkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh Anda akan bertambah. Untuk mendapat manfaat itu, Anda hanya perlu mengonsumsi dua hingga tiga gelas teh hijau secara rutin.

Baca Juga: Tak perlu obat, gunakan bahan alami ini untuk menurunkan darah tinggi

Biji Ketumbar

Obat herbal kolesterol lainnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah biji ketumbar. Jenis rempah itu memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Mulai dari vitamin A, beta karoten, vitamin C, dan lain sebagainya.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengonsumsi biji ketumbar. Salah satunya dengan mencampur jenis rempah itu dengan bahan alami lainnya. Namun, jangan lupa untuk tetap konsultasi dulu dengan dokter, ya.

Bawang Putih

Salah satu obat herbal kolesterol adalah bawang putih.

Mengutip dari NDTV Food, bawang putih bisa jadi obat herbal kolesterol berikutnya yang patut Anda coba. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih efektif menurunkan jumlah kolesterol. Manfaat itu berasal dari kandungan sulfur, asam amino, vitamin, dan mineral yang lain.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Usahakan untuk mengonsumsi setengah hingga satu bawang putih setiap hari. Kebiasaan itu mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh hingga 9%.

Baca Juga: Kaya antioksidan, jus tomat efektif menurunkan kolesterol tinggi

Biji Fenugreek

Jika Anda ingin menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh, tak ada salahnya untuk memanfaatkan biji fenugreek. Bahan alami itu mengandung banyak antiinflamasi, antioksidan, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh.

Selanjutnya: Anda perlu tahu, ini 5 cara menurunkan kolesterol

Editor: Belladina Biananda
Terbaru