6 Rekomendasi obat diare terbaik ini dari bahan alami

Selasa, 02 November 2021 | 13:59 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Rekomendasi obat diare terbaik ini dari bahan alami

ILUSTRASI. Obat diare dari bahan alami bisa memberikan hasil yang efektif. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebenarnya, diare bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, mengonsumsi obat diare bisa mempercepat proses penyembuhan. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda tak banyak terganggu. Tak perlu khawatir, bahan alami dalam artikel ini bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan diare.

Alergi makanan, infeksi virus dan bakteri, serta masalah pada sistem pencernaan lainnya bisa menyebabkan diare. Gejala diare yang Anda alami pun beragam. Mulai dari pusing, mual, perut kram, sakit kepala, dan demam.

Jika bahan-bahan alami di bawah ini tak mampu mengobati diare yang terjadi, segera kunjungi dokter. Nantinya, dokter ada beberapa pemeriksaan yang perlu Anda jalani sehingga dokter bisa memberikan diagnosa yang tepat.

BRAT

Mengutip dari Ecosh (ecosh.com), BRAT adalah sekelompok makanan yang bisa Anda konsumsi ketika mengalami diet. Mulai dari pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. Tak hanya orang dewasa, BRAT juga bisa dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak.

Baca Juga: 6 Penyebab buang air besar ini tak boleh Anda abaikan

Air Putih

Minum air putih bisa jadi obat diare.

Saat diare, risiko tubuh Anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan cukup tinggi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk minum banyak air putih. Hindari pula makanan dan minuman yang justru membuat tubuh Anda dehidrasi, misalnya kopi karena kopi mengandung kafein.

Teh Herbal

Obat diare berikutnya yang dapat Anda jadikan pilihan adalah teh herbel, misalnya teh daun blackberry, blueberry, raspberry, dan lain sebagainya. Tannin yang terdapat dalam jenis teh itu mampu menjaga kesehatan sistem pencernaan sehingga diare pun dapat disembuhkan.

Probiotik

Mengonsumsi probiotik ketika menderita diare penting untuk Anda lakukan. Ecosh menyebutkan bahwa probiotik mampu menyeimbangkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Salah satu jenis makanan yang mengandung banyak probiotik adalah yogurt.

Baca Juga: Ini 4 cara mengatasi diare yang mudah untuk Anda coba

Teh Kamomil

Teh kamomil bisa jadi obat diare.

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan teh kamomil sebagai obat diare. Selain baik untuk organ pencernaan, jenis teh itu juga mampu membuat cepat tidur. Dengan begitu, waktu istirahat Anda menjadi bertambah sehingga penyakit yang Anda alami bisa sembuh lebih cepat.

Makanan Kaya Kalium

Ketika diare sudah hampir sembuh, tak ada salahnya untuk memperbanyak jadwal makan, meski porsi makan kecil. Isi menu sehat yang Anda konsumsi dengan makanan yang mengandung banyak kalium. Misalnya, kentang, pisang, brokoli matang, dan lain-lain.

Selanjutnya: 4 Cara mengatasi gejala HIV ini perlu Anda coba, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru