kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,33   -6,02   -0.65%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Penyebab Mimisan yang Bisa Anda Alami, Apa Saja?


Rabu, 05 Januari 2022 / 08:37 WIB
6 Penyebab Mimisan yang Bisa Anda Alami, Apa Saja?
ILUSTRASI. Ada beberapa faktor yang termasuk dalam daftar penyebab mimisan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hampir setiap orang pernah mengalami mimisan. Meski umum terjadi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kondisi itu, ya. Mengetahui penyebab mimisan merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Dengan begitu, diharap Anda bisa segera mendapat pengobatan yang tepat.

Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), ada dua tipe mimisan, yaitu mimisan anterior dan mimisan posterior. Mimisan anterior adalah jenis mimisan yang cukup sering terjadi dan bisa diobati di rumah.

Mimisan anterior terjadi saat pembuluh darah di pembatas anatara dua rongga hidung terganggu. Sedangkan mimisan posterior terjadi di bagian rongga hidung yang lebih dalam. Untuk menghindari hal-hal itu, Anda perlu menghindari beberapa faktor penyebabnya.

Mengupil

Selain benda asing, mengupil juga bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan anak-anak mimisan. Orang dewasa pun bisa mengalaminya jika tidak sengaja mengupil atau menggaruk bagian hidung terlalu keras hingga melukai bagian dalam hidung.

Baca Juga: 4 Penyebab dan cara mengatasi mimisan, Anda perlu tahu

Kondisi Kesehatan

Seperti yang telah dikatakan, mimisan bisa jadi tanda kondisi kesehatan Anda. Penyakit ginjal, penyakit jantung, atau penyakit jantung bisa menyebabkan mimisan secara tiba-tiba. Biasanya, penyakit itu juga dibarengi dengan gejala lain, misalnya sakit kepala atau sesak napas.

Konsumsi alkohol yang terlalu banyak juga bisa menyebabkan mimisan, lo. Kebiasaan itu membuat darah dalam tubuh sulit menggumpal sehingga mimisan pun keluar. Selain itu, alergi dan meniup hidung terlalu keras juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Jenis Obat Tertentu

Jenis obat tertentu juga bisa jadi penyebab mimisan, lo. Aspirin, obat antikoagulan, atau jenis obat lain yang mempengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih mudah mimisan. Jika Anda mengalami hal itu, segera konsultasikan pada dokter, ya.

Stres

Stres bisa jadi penyebab mimisan.

Stres jadi faktor lain yang membuat Anda mengalami mimisan. Supaya hal itu tidak sering terjadi, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Anda bisa melakukan beberapa kegiatan relaksasi, seperti yoga atau meditasi. Jika memang perlu, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: Waspadai 5 penyebab muntah darah yang umum terjadi

Udara Kering

Pemanas ruangan atau cuaca yang dingin dapat membuat bagian dalam hidung kering sehingga lebih mudah iritasi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah itu. Misalnya, menggunakan semprotan hidung atau nasal pray dan memakai humidifier.

Benda Asing

Penyebab mimisan lainnya yang disebutkan oleh Everyday Health adalah benda asing yang masuk ke rongga hidung. Biasanya, faktor ini lebih sering dialami oleh anak-anak yang selalu penasaran dengan hal baru. Misalnya, memasukkan mainan atau benda di sekelilingnya ke rongga hidung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×