6 Olahraga Bagi Orang Pemalas yang Mudah Dilakukan

Sabtu, 25 Juni 2022 | 06:25 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Olahraga Bagi Orang Pemalas yang Mudah Dilakukan


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada sejumlah olahraga bagi orang pemalas. Terkadang orang malas berolahraga lantaran menganggap aktivitas tersebut membosankan, tidak punya waktu cukup, dan sebagainya.

Padahal, menurut para ahli, beraktivitas fisik setidaknya 150 menit per minggu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan fisik serta jiwa. Metabolisme akan lancar, begitu juga dengan pikiran dan mood Anda.

Jika belum terbiasa berolahraga, Anda tidak perlu terlalu ambisius dalam memulainya dengan langsung melakukan olahraga yang berat untuk mencapai 150 menit per minggu. 

Lantas, apa saja olahraga bagi orang pemalas? 

Baca Juga: 10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Jika Dilakukan Secara Rutin dan Teratur

6 Olahraga bagi orang pemalas

Dirangkum dari laman RSUD Kajen Kabupaten Pekalongan, berikut adalah sejumlah olahraga bagi orang pemalas yang bisa Anda coba:

1. Naik tangga

Pertama, olahraga bagi orang pemalas yang bisa Anda lakukan adalah naik turun tangga. Jika Anda kerja di gedung bertingkat, misalnya, cobalah naik tangga ketimbang lift untuk mencapai kantor. Apalagi jika lantai tempat Anda bekerja tak tinggi-tinggi amat.

2. Jalan kaki

Jalan kaki adalah salah satu olahraga bagi orang pemalas. Sehingga, jika Anda terbiasa ke mana-mana naik mobil atau motor, mulai sekarang, gunakan kaki Anda untuk melangkah ke tempat yang ingin dituju. Awalnya mungkin terasa aneh, tapi sebenarnya ini adalah cara yang paling mudah untuk membuat Anda bergerak. 

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

3. Tidak duduk berlama-lama

Ada ungkapan kalau sitting is the new smoking? Jadi jangan duduk di depan laptop terus. Angkat pantat Anda dari kursi setiap setengah jam sekali dan keluarlah berjalan-jalan meski itu hanya ke toilet atau dapur untuk bikin kopi.

4. Sit-up & push-up

Coba lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up setiap harinya. Jika Anda sudah terbiasa, bisa ditingkatkan menjadi 20 kali dan seterusnya. Nah, sit-up dan push-up adalah salah satu olahraga bagi orang pemalas yang bisa Anda lakukan. 

5. Setel musik dan coba lari-lari kecil

Anda bisa memasang satu lagu kesukaan Anda lalu cobalah lari-lari kecil sepanjang alunan musik. Lakukan dengan sepenuh hati dan tahu-tahu 3-5 menit sudah berlalu begitu saja.

Baca Juga: 10 Olahraga yang Cepat untuk Mengecilkan Perut Buncit

6. Gerakkan tubuh di sela iklan TV

Jika Anda suka nonton TV, maka saat acara favorit Anda sedang dijeda iklan, mari gunakan waktu tersebut untuk bergerak. Misalnya: burpee, skipping, squat, atau melompat-lompat bersama hewan peliharaan Anda.

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk lebih bergerak aktif, seperti naik tangga ketimbang lift, berjalan kaki ke supermarket dekat rumah, dan sebagainya.

Intinya, jangan terlalu mengagungkan kemalasan Anda sebagai alasan untuk tidak bergerak sama sekali. Nah, itulah jenis olahraga bagi orang pemalas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru