kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,44   8,84   0.89%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Jika Dilakukan Secara Rutin dan Teratur


Kamis, 10 Maret 2022 / 11:11 WIB
10 Manfaat Olahraga Bagi Tubuh Jika Dilakukan Secara Rutin dan Teratur
ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat olahraga bagi tubuh.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Olahraga atau melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Terdapat sejumlah manfaat olahraga bagi tubuh jika dilakukan secara rutin dan teratur. 

Salah satu manfaat olahraga yakni untuk meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan, mencegah penyakit, memperkuat tulang dan otot, serta meningkatkan kemampuan dan daya tahan tubuh dalam beraktivitas sehari-hari. 

Salah satu jenis olahraga sederhana yang aman dilakukan oleh kebanyakan orang antara lain jalan cepat maupun aerobik dengan intensitas sedang.  

Baca Juga: 10 Olahraga yang Cepat untuk Mengecilkan Perut Buncit

10 Manfaat olahraga bagi tubuh 

Dirangkum dari laman resmi Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dan Mayo Clinic, berikut sejumlah manfaat olahraga bagi tubuh: 

1. Menekan risiko osteoporosis

Manfaat olahraga bagi tubuh adalah dapat membantu menekan risiko osteoporosis. Olahraga dengan mengangkat beban secara teratur dapat membantu proses pembentukan tulang, sehingga mencegah berbagai gangguan pada tulang seiring pertambahan usia, seperti osteoporosis.

2. Menunda keterbatasan fisik saat usia tua

Selanjutnya, manfaat olahraga bagi tubuh, seperti berlari atau latihan aerobik lainnya, terbukti dapat menunda terjadinya keterbatasan fisik pada orang lanjut usia.

3. Manfaat olahraga untuk otak  

Manfaat olahraga untuk otak salah satunya adalah meningkatkan kemampuan kognisi terutama untuk anak-anak usia 6 sampai 13 tahun. Sementara bagi orang dewasa dapat mengurangi perasaan cemas. 

Hal ini juga dapat mengurangi risiko depresi dan kecemasan serta membantu Anda tidur lebih nyenyak. Selain itu, olahraga secara teratur juga dapat membantu menjaga ketajaman pikiran seiring dengan bertambahnya usia. 

Baca Juga: 5 Nutrisi yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

4. Menjaga berat badan 

Manfaat olahraga juga dapat menjaga berat badan ideal, menurunkan berat badan berlebih, atau mempertahankan keberhasilan penurunan berat badan.  Berat badan akan bertambah ketika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori melalui makan dan minum dan tidak sebanding dengan jumlah kalori yang dibakar.  

Sehingga penting untuk menyeimbangkan kalori. Dalam hal menjaga berat badan, setiap orang bervariasi dalam seberapa banyak aktivitas fisik yang mereka butuhkan. 

Anda mungkin perlu lebih aktif daripada orang lain untuk mencapai atau mempertahankan berat badan ideal. Namun, untuk mempertahankan berat badan, setidaknya lakukan olahraga aerobik intensitas sedang hingga 150 menit seminggu.

Misalnya, 30 menit sehari yang dilakukan selama 5 hari dalam seminggu. Bukti ilmiah yang kuat menunjukkan, aktivitas fisik dapat membantu Anda mempertahankan berat badan dari waktu ke waktu.  

Tetapi, jumlah pasti durasi olahraga yang diperlukan masih belum jelas karena sangat bervariasi dari orang ke orang. Anda mungkin perlu melakukan aktivitas intensitas sedang lebih dari 150 menit dalam seminggu untuk mempertahankan berat badan. 

Baca Juga: Selain Olahraga & Diet, Minum Kopi Juga Bisa Menurunkan Berat Badan




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×