kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45858,63   -4,24   -0.49%
  • EMAS1.341.000 0,22%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?


Minggu, 09 Juni 2024 / 11:15 WIB
6 Manfaat Kismis Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Kismis


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Simak deretan manfaat kismis untuk kesehatan yang masih jarang diketahui banyak orang. Selain itu, cara mengkonsumsi kismis juga perlu diperhatikan untuk bisa memaksimal khasiat kismis tersebut.

Kismis adalah buah kering yang berasal dari anggur hitam atau hijau, dan memiliki cita rasa manis yang khas. 

Selain menjadi camilan yang lezat, kismis juga mengandung sejumlah nutrisi penting yang dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh.

Baca Juga: Jelang Hari Raya Idul Adha, Ini Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Juni 2024

Melansir dari WebMD, Serat dalam kismis bisa membantu menurunkan kolesterol LDL (jahat), yang mengurangi ketegangan pada jantung Anda. Studi menunjukkan bahwa kadar kalium yang rendah berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kismis untuk kesehatan lainnya:

Kaya akan Antioksidan

Kismis mengandung antioksidan, seperti polifenol dan flavonoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan memainkan peran dalam penuaan serta perkembangan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Mengonsumsi kismis secara teratur dapat membantu menjaga keseimbangan antioksidan dalam tubuh.

Baca Juga: 9 Manfaat Jus Pisang Bagi Kesehatan, Cocok Jadi Sumber Energi Alami

Menjaga Kesehatan Jantung

Kismis dapat mendukung kesehatan jantung karena mengandung serat, kalium, dan polifenol. Serat membantu mengontrol kadar kolesterol, sedangkan kalium berperan dalam menjaga tekanan darah normal. Polifenol dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kismis mengandung serat larut dan tidak larut yang dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan memberikan dukungan pada pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Menyediakan Energi Cepat

Kismis mengandung sejumlah besar karbohidrat yang dapat memberikan energi cepat. Ini membuatnya menjadi camilan yang baik sebelum atau sesudah berolahraga. Kismis juga mengandung gula alami, seperti glukosa dan fruktosa, yang dapat memberikan energi tanpa meningkatkan kadar gula darah secara drastis.

Baca Juga: Deretan Makanan Diet Rendah Kalori yang Cocok Untuk Menurunkan Berat Badan

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kismis mengandung nutrisi seperti kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium mendukung pembentukan dan pemeliharaan tulang, magnesium membantu penyerapan kalsium, dan fosfor berperan dalam pembentukan struktur tulang dan gigi.

Menjaga Kesehatan Mata

Kismis mengandung nutrisi seperti beta-karoten, vitamin A, dan karotenoid, yang dapat mendukung kesehatan mata. Nutrisi ini membantu menjaga kekuatan penglihatan, mencegah degenerasi makula, dan mengurangi risiko penyakit mata terkait usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Bedah Tuntas Sengketa Pajak WP Badan: Pemeriksaan Pajak, Keberatan dan Banding di Pengadilan Pajak Mastering Financial Modeling

[X]
×