kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.430.000   -10.000   -0,69%
  • USD/IDR 15.358   19,00   0,12%
  • IDX 7.893   64,36   0,82%
  • KOMPAS100 1.204   8,49   0,71%
  • LQ45 978   8,14   0,84%
  • ISSI 229   0,71   0,31%
  • IDX30 499   3,81   0,77%
  • IDXHIDIV20 602   4,91   0,82%
  • IDX80 137   0,89   0,65%
  • IDXV30 141   0,56   0,40%
  • IDXQ30 167   1,07   0,65%

6 Manfaat Ikan Shisamo untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Kaya Vitamin B


Selasa, 27 Juni 2023 / 08:41 WIB
6 Manfaat Ikan Shisamo untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Kaya Vitamin B
ILUSTRASI. 6 Manfaat Ikan Shisamo untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Kaya Vitamin B


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui manfaat Ikan Shisamo beserta kandungan gizinya. Jenis ikan laut ini viral di media sosial karena dikonsumsi oleh salah satu artis Indonesia.

Ikan shisamo adalah ikan yang dikenal dengan istilah willow leaf atau ikan capelin. Ikan ini sejenis ikan laut kecil yang berasal dari perairan Asia Timur hingga Samudra Atlantik.

Nah, untuk ikan ini memiliki penampilan yang khas dengan tubuh yang ramping dan berbentuk seperti daun willow (daun salam).

Sementara, ikan Shisamo kini juga mudah dijumpai di beberapa supermarket besar dengan harga yang beragam.

Baca Juga: 11 Manfaat Vitamin B Kompleks Jika Dikonsumsi Secara Rutin

Kandungan hingga 6 Manfaat ikan Shisamo

Untuk itu, perlu diketahui informasi terkait kandungan gizi dari jenis ikan berikut.

Kandungan ikan Shisamo

Berikut adalah beberapa informasi mengenai kandungan gizi yang umumnya terdapat dalam ikan shisamo:

  • Protein: Ikan shisamo mengandung protein yang penting untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh.
  • Lemak: Ikan shisamo mengandung lemak sehat, termasuk asam lemak omega-3 seperti EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic). Asam lemak omega-3 memiliki manfaat untuk kesehatan jantung, otak, dan sistem saraf.
  • Vitamin: Ikan shisamo mengandung vitamin B kompleks, seperti vitamin B12 dan vitamin B6. Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah dan fungsi sistem saraf, sedangkan vitamin B6 berperan dalam metabolisme protein dan pemeliharaan fungsi saraf.
  • Mineral: Ikan shisamo mengandung mineral seperti kalsium, fosfor, seng, dan selenium. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi, sementara fosfor membantu dalam pembentukan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Zink dan selenium adalah mineral yang berperan dalam fungsi kekebalan tubuh dan kerja enzim.

Perlu diingat bahwa kandungan gizi dalam ikan shisamo dapat sedikit bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut.

Selain itu, ketahui manfaat Ikan Shisamo yang berdampak positif terhadapat kesehatan dilansir dari Food and Recipes.

Baca Juga: Tengok 5 Manfaat Daun Kale Untuk Kesehatan Jika Dimakan Dengan Benar

Manfaat Ikan Shisamo

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Vitamin B dan nutrisi lain yang masuk ke saluran cerna saat mengonsumsi capelin berdampak positif pada sistem saraf, mencegah perkembangan neurosis, memperbaiki mood, mengurangi risiko depresi.

Selain itu, manfaat Ikan Shisamo secara signifikan mempercepat metabolisme lipid, protein, dan karbohidrat, sehingga berkontribusi pada penurunan berat badan.

2. Mengurangi kolesterol jahat

Asam lemak jenuh yang terkandung dalam capelin membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh, mencegah pembentukan plak di dinding pembuluh darah, dan mengurangi kemungkinan aterosklerosis.

3. Menetralkan radikal bebas

Kandungan gizi dari Ikan Shisamo punya senyawa antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Nutrisi yang termasuk dalam kelompok ini menetralkan efek negatif radikal bebas, memperlambat proses yang bertanggung jawab atas penuaan jaringan, dan mencegah munculnya neoplasma tumor.

4. Memenuhi kebutuhan yodium

Konsumsi hidangan capelin secara teratur memungkinkan pengisian kembali cadangan yodium dalam tubuh secara tepat waktu. Zat ini membantu menjaga aktivitas fungsional normal kelenjar tiroid.

5. Mengatur kadar glukosa

Chromium yang terkandung dalam daging Ikan Shisamo ini mengatur kadar glukosa dalam darah dan meningkatkan efek insulin. Oleh karena itu, masakan darinya bermanfaat bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan kesehatan tulang

Sebagai bagian dari capelin, terdapat berbagai macam senyawa yang secara positif mempengaruhi kondisi tulang.

Dengan alasan ini, seseorang yang secara teratur memasukkannya ke dalam makanannya cenderung tidak mengalami manifestasi penyakit gigi dan gangguan pada kerja sistem muskuloskeletal.

Cara memasak juga dapat mempengaruhi kandungan gizi yang tersedia dan bertahan pada setiap 100 gram ikan Shisamo.

Selain itu, penting untuk menyertakan ikan shisamo sebagai bagian dari diet yang seimbang dan beragam untuk mendapatkan manfaat gizi yang optimal.

Apabila Anda memiliki kondisi kesehatan khusus atau kekhawatiran diet, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau profesional kesehatan.

Demikian beberapa informasi terkait kandungan dan manfaat ikan Shisamo yang bisa menjadi opsi makanan terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×