kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Dengan Benar


Minggu, 04 Juni 2023 / 14:15 WIB
6 Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan Tubuh Jika Dikonsumsi Dengan Benar


Penulis: Ryan Suherlan

Manfaat Daun Bidara - Beragam manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh bisa Anda dapatkan jika dikonsumsi dengan benar. Hal tersebut dikarenakan manfaat daun bidara telah terbukti oleh berbagai uji klinis.

Saking punya banyak manfaat, tak sedikit orang mengolah dan memanfaatkan daun bidara untuk dijadikan ramuan obat herbal dan tradisional.

Hal tersebut dikarenakan daun bidara mengandung banyak nutrisi dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi daun bidara secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga: 6 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

Salah satunya, Daun bidara mengandung banyak antioksidan. Kandungan tersebut mampu melawan radikal bebas yang menyebab berbagai penyakit berbahaya. 

Melansir dari laman Health Benefits Times, berikut beberapa manfaat daun bidara untuk kesehatan, di antaranya berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat mengkonsumsi daun bidara adalah mampu membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, daun bidara mengandung banyak protein dan serat yang baik dikonsumsi saat diet. 

Selain itu, daun bidara termasuk ke dalam makanan rendah kalori yang dapat membuat perut Anda terasa lebih kenyang.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh yang Bisa Didapatkan, Catat Ya!

2. Menurunkan Tekanan Darah

Selain menurunkan berat badan, daun bidara juga mempunyai manfaat yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan daun bidara mengandung vitamin B kompleks yang efektif menurunkan tekanan darah ke batas normal.

3. Menambah Energi

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu dapat menambah energi. Sehingga mengkonsumsi daun bidara cocok saat Anda membutuhkan energi lebih.

Selain itu, daun bidara mampu mengurangi kelahan karena bekerja pada sistem saraf secara efektif.

Baca Juga: Catat 6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Daun bidara juga dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan seseorang. Sehingga mengkonsumsi daun bidara sangat efektif jika Anda mempunyai masalah nafsu makan. Selain itu, jika nafsu makanan menurun, hal tersebut membuat imunitas juga kian menurun yang mana meningkatkan risiko terserang penyakit. 

5. Mengurangi Stres

Selain dapat dikonsumsi, daun bidara juga dapat diolah menjadi minyak. Minyak tersebut mempunyai aroma daun bidara yang khas dan dapat membuat pikiran lebih rileks serta mengurangi hormon stres.

Baca Juga: Kenali 6 Nutrisi Buah Blewah yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

6. Membersihkan Pembuluh Darah

Manfaat daun bidara yang tak boleh terlewatkan yaitu dapat membersihkan pembuluh darah. Manfaat daun bidara tersebut didapatkan dari kandungan alkaloid dan saponin.

Kedua jenis kandungan tersebut merupakan antioksidan dalam daun bidara yang membersihkan zat racun dalam pembuluh darah. Dengan demikian, mengkonsumsi daun bidara secara rutin mampu menghindari flek dan berbagai jenis pembuluh darah lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×