Kesehatan Umum

6 Manfaat buah sirsak ini tidak boleh Anda lewatkan

Senin, 30 November 2020 | 10:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Manfaat buah sirsak ini tidak boleh Anda lewatkan

ILUSTRASI. Manfaat buah sirsak berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah sirsak adalah salah satu jenis buah dari daerah tropis yang memberikan banyak kegunaan. Manfaat buah sirsak berasal dari antioksidan dan nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Berikut ini manfaat-manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi buah sirsak.

Melawan Kanker

Buah sirsak mampu melawan beberapa jenis kanker, yaitu kanker payudara dan kanker hati. Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), acetogenin dalam sirsak mampu mencegah pertumbuhan sel kanker hingga 80%.

Tak hanya itu, keunikan acetogenin adalah menyeleksi sel kanker yang perlu dilawan. Jadi, sel yang sehat tetap bisa bertahan. Ekstrak sirsak juga menghambat metabolisme sel kanker di pankreas.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat buah sirsak lainnya juga berguna untuk menjaga kesehatan mata karena adanya antioksidan, vitamin E, vitamin C, beta karoten, dan zinc. Kandungan-kandungan itu mampu menurunkan risiko penyakit mata.

Baca Juga: 5 Buah untuk diet, bisa bakar lemak lebih cepat

Antioksidan berfungsi untuk mengurangi stres oksidatif yang berpotensi menyebabkan berbagai jenis penyakit. Misalnya, katarak atau degenerasi makular yang berhubungan dengan usia seseorang.

Mengobati Infeksi

Stylecraze menyebutkan bahwa mengonsumsi sirsak bisa mengobati infeksi bakteri atau parasit. Misalnya, penyakit leishmaniasis yang disebabkan oleh infeksi parasit yang bertransmisi dari gigitan kutu pasir. Tak hanya buahnya, daun sirsak juga berguna untuk mengatasi infeksi yang menyerang tubuh Anda.

Menjaga Kesehatan Ginjal dan Liver

Salah satu manfaat buah sirsak adalah menjaga kesehatan ginjal manusia.

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah menjaga kesehatan ginjal dan liver Anda. Hal itu dibuktikan pada tikus percobaan yang menderita penyakit ginjal dan liver. Hal yang sma juga berlaku pada manusia. Selain itu, acetogenin dalam sirsak juga bermanfaat untuk membunuh 12 tipe kanker ganas.

Baca Juga: 5 Manfaat buah melon yang berguna untuk kesehatan tubuh

Mengatasi Demam

Sirsak bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi demam. Bahkan, ekstrak sirsak juga berguna untuk mengatasi demam yang disebabkan oleh penyakit DBD. Tak hanya itu, penyakit sistem pencernaan, seperti diare dan disentri juga bisa diobati dengan jenis buah ini.

Mengobati Tekanan Darah Tinggi

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, mengonsumsi sirsak secara rutin perlu dilakukan. Buah sirsak mengandung antioksidan fenol yang mampu menstabilkan tekanan darah Anda. Saat tekanan darah turun dan lebih stabil, kondisi jantung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa lebih baik.

Selanjutnya: Buah mengkudu, obat herbal yang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Editor: Belladina Biananda


Terbaru