kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Buah Pisang Merah untuk Kesehatan, Catat!


Rabu, 02 November 2022 / 10:47 WIB
6 Manfaat Buah Pisang Merah untuk Kesehatan, Catat!
ILUSTRASI. Manfaat buah pisang merah untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah pisang merah untuk kesehatan adalah salah satu hal yang penting untuk diketahui. Pasalnya, buah pisang merah mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Banyaknya manfaat yang didapatkan dari buah pisang merah berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Contohnya, seperti vitamin C, vitamin B, serat, protein, magnesium, kalium dan masih banyak lagi.

Buah pisang merah sendiri adalah salah satu jenis pisang dari Asia Tenggara yang memiliki kulit berwarna merah. Selain itu, buah pisang merah juga mempunyai tekstur lembut dan rasa manis yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Susu Untuk Kesehatan, Catat!

Lalu apa saja manfaat buah pisang merah untuk kesehatan?

Melansir dari Healthline, berikut beberapa manfaat buah pisang merah untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat buah pisang merah untuk kesehatan adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan buah pisang merah mengandung kalium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Prediksi Juventus vs PSG, Tayang 03.00 WIB dan Jadwal Liga Champions Pekan 6

2. Menjaga Kesehatan Mata

Buah pisang merah juga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, buah pisang merah mengandung karotenoid yang mendukung kesehatan mata.

Salah satunya beta karoten yang merupakan karotenoid yang mendukung kesehatan mata dan pisang merah menyediakan lebih banyak daripada varietas pisang lainnya.

3. Mengandung Banyak Antioksidan

Seperti kebanyakan buah dan sayuran lainnya, buah pisang merah mengandung banyak antioksidan. Faktanya, buah pisang merah menyediakan jumlah antioksidan yang lebih tinggi daripada pisang kuning.

Oleh sebab itu, mengkonsumsi buah pisang merah mampu mencegah dan menangkal berbagai jenis radikal bebas yang membahayakan kesehatan.

Baca Juga: 5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan Kulit, Yuk Cek!

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah pisang merah selanjutnya yaitu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, buah pisang merah sangat kaya vitamin C dan vitamin B6 yang berperan aktif meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pisang merah termasuk salah satu jenis buah yang mengandung banyak serat. Tak heran mengkonsumsi buah pisang merah mampu melancarkan dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Salah satu serat yang terkandung dalam buah pisang merah adalah prebiotik yang baik untuk kesehatan usus.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Jaboticaba yang Jarang Diketahui Banyak Orang

6. Menurunkan Berat Badan

Buah pisang merah juga sangat cocok dikonsumsi saat menjalankan program diet menurunkan berat badan. Pasalnya, buah pisang merah bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan. 

Hal tersebut dikarenakan buah pisang merah mengandung banyak nutrisi dan enak untuk dikonsumsi serta bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×