kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Cek Ya!


Rabu, 08 Maret 2023 / 11:33 WIB
6 Manfaat Buah Kecapi Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Cek Ya!
ILUSTRASI. Manfaat buah kecapi untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat buah kecapi untuk kesehatan tubuh cukup menarik perhatian dan menjadi sorotan. Pasalnya, ada beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan tubuh teruji secara klinis.

Padahal, buah kecapi menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh loh. Banyaknya manfaat buah kecapi berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. 

Kandungan nutrisi dalam buah kecapi di antaranya seperti protein, serat, kalsium, vitamin C, vitamin B, dan masih banyak lagi kandungan nutrisi lainnya.

Baca Juga: Coba Cek 7 Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

Buah kecapi sekilas nampak seperti buah manggis. Buah kecapi juga termasuk salah satu jenis buah eksotis yang tumbuh subuh di Asia Tenggara dan menyimpan banyak khasiat. 

Lantas apa saja manfaat buah kecapi untuk kesehatan? 

Melansir dari Steemit, berikut ada beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menurukan Kolesterol

Salah satu manfaat buah kecapi yang penting untuk diketahui di antaranya adalah mampu menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu mengkonsumsi buah kecapi juga bermanfaat untuk meminimalisir berbagai gejala penyakit jantung seperti stroke, tekanan darah tinggi hingga kolesterol tinggi.

Baca Juga: Cek 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan yang Teruji Klinis, Punya Banyak Khasiat!

2. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat buah kecapi selanjutnya juga tak kalah hebat yaitu dapat menurunkan risiko kanker. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mencegah penyakit ganas tersebut.

Terdapat sebuah jurnal ilmiah bahwa mengkonsumsi buah kecapi dapat melawan adanya penyakit kanker. Selain itu, buah juga mampu membunuh perkembangan sel abnormal, misalnya leukemia.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah kecapi juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut dikarenakan buah kecapi mengandung banyak vitamin C dan nutrisi lain yang efektif meningkatkan imunitas tubuh serta menangkal berbagai radikal bebas.

Baca Juga: Cek Ya 5 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan Tubuh Selain Menyegarkan

4. Mengobati Alergi

Alergi adalah salah satu gangguan kesehatan yang dipcu oleh berbagai faktor seperti makanan, kosmetik, debu, sinar matahari dan sebagainya. Untuk mengatasi alergi Anda bisa memanfaatkan buah kecapi.

Pasalnya, buah kecapi mengandung senyawa yang mampu menyembuhkan alergi pada kulit.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Menjaga kesehatan mulut adalah hal yang penting untuk dilakukan. Salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan mengkonsumsi buah kecapi.

Hal tersebut dikarenakan buah kecapi mampu merangsang produksi air liur lebih banyak sehingga perkembangan bakteri juga bisa dicegah dan kesehatan mulut jadi lebih terjaga.

Baca Juga: Coba Simak 5 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan yang Teruji Klinis

6. Baik Untuk Penderita Diabetes

Buah kecapi juga merupakan salah satu buah yang cocok dikonsumsi penderita diabetes. Meski manis, buah kecapi aman untuk dikonsumsi penderita diabetes. Hal tersebut dikarenakan indeks glikemik buah kecapi termasuk rendah dan mampu memperlambat penyerapan gula darah dan menjaga kestabilannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×