kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?


Kamis, 13 Oktober 2022 / 14:41 WIB
6 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan, Sudah Tahu?
ILUSTRASI. Manfaat buah anggur untuk kesehatan.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Anggur adalah salah satu jenis buah yang cukup digemari banyak orang. Selain banyak digemari, buah anggur juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan saat dikonsumsi langsung.

Tak berhenti sampai disitu, buah anggur juga termasuk salah satu jenis buah yang memiliki rasa lezat dan enak untuk dikonsumsi.

Oleh karena itu tidak heran buah anggur kerap dijadikan atau diolah menjadi penyedap rasa makanan dan minuman karena memiliki rasa yang lezat serta manfaat yang melimpah.

Baca Juga: 5 Gejala Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?

Anggur juga merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi. Kandungan nutrisi tersebut di antaranya vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, magnesium dan masih banyak lagi. 

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut tidak heran buah anggur mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi.

Melansir dari Health, berikut beberapa manfaat buah anggur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. 

1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah anggur juga mempunyai manfaat yang dapat melindungi dan meningkatkan kesehatan mata. Hal tersebut dikarenakan kandungan lutein dan zeaxanthin dalam anggur dapat melindungi retina dan lensa mata. 

Kandungan dalam anggur tersebut telah terbukti meningkatkan jangkauan visual,mengurangi ketidaknyamanan dari silau, meningkatkan kontras visual dan mengurangi waktu yang dibutuhkan mata untuk pulih dari tekanan cahaya terang.

Baca Juga: Simak 7 Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam buah anggur bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, buah anggur juga dapat membuat tubuh tetap terhidrasi dan menjaga sirkulasi darah tetap lancar.

3. Mencegah Tanda Penuaan

Buah anggur juga memiliki manfaat yang mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Hal tersebut berasal dari kandungan antioksidan yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi otak, sehingga terhindar dari penyakit penuaan.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Aston Villa vs Chelsea Tayang 16 Oktober

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Mengkonsumsi buah anggur secara rutin bisa meningkatkan kualitas tidur loh. Pasalanya, melatonin alami dalam anggur berkaitan dengan kualitas tidur yang lebih lama dan lebih baik. 

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat buah anggur selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan dalam buah anggur terbukti menangkis pengerasan arteri, mengurangi tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, mengekang pembekuan darah, dan menurunkan peradangan. 

Dilansir dari Health, Penelitian menunjukkan bahwa anggur juga membantu mengurangi kolesterol dengan mengurangi penyerapan senyawa ke dalam darah.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan yang Penting Untuk Diketahui

6. Melancarkan Pencernaan

Buah anggur juga membantu menjaga kesehatan pencernaan. Meski anggur tidak terlalu tinggi, akan tetapi, serat dan cairan dalam buah anggur dapat membantu mendukung keteraturan usus, dan polifenol anggur bekerja untuk mengubah bakteri usus secara positif dengan cara yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×