kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,65   -6,71   -0.72%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Gejala Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?


Kamis, 13 Oktober 2022 / 12:49 WIB
5 Gejala Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?
ILUSTRASI. Gejala hamil.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Telat haid adalah salah satu gejala hamil yang mungkin paling banyak diketahui. Padahal, masih banyak gejala hamil lainnya yang jarang atau luput dari perhatian. 

Bahkan tidak hanya itu, ada gejala hamil yang bisa muncul sebelum Anda telat haid atau datang bulan. Oleh sebab itu, penting mengetahui apa saja gejala hamil supaya Anda bisa segera melakukan penanganan lebih lanjut.

Meski demikian, pada dasarnya setiap wanita mengalami gejala hamil yang berbeda-beda. Namun, ada juga gejala hamil yang mungkin hampir dialami setiap perempuan. Sudah tahu apa saja gejala hamil tersebut?

Baca Juga: Simak 7 Gejala TBC yang Perlu Diwaspadai, Hati-Hati!

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa gejala hamil yang paling umum dialami, di antaranya:

1. Telat Haid

Seperti yang sudah dikatakan di atas, telat haid adalah salah satu gejala hamil yang paling umum terjadi. Perubahan siklus menstruasi atau haid bisa menjadi gejala hamil yang paling bisa dirasakan dan mudah untuk diketahui. Apalagi jika siklus haid Anda teratur setiap bulannya.

2. Payudara Berubah

Umumnya, selain telat haid gejala hamil yang mungkin Anda alami dapat dilihat dari perubahan payudara. Pasalnya, saat hamil produksi hormon akan berubah sehingga membuat payudara akan semakin lembut, bengkak atau bahkan sakit saat dipegang.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Aston Villa vs Chelsea Tayang 16 Oktober

3. Mual

Selain itu gejala hamil yang cukup sering dialami para perempuan adalah munculnya rasa mual. Bahkan, tak sedikit juga orang yang sedang hamil akan merasakan gejala mual hingga muntah. Rasa mual tersebut juga bisa muncul kapan saja baik siang maupun malam hari.

4. Sering Buang Air Kecil

Gejala hamil selanjutnya adalah frekuensi buang air kecil yang semakin meningkat. Anda mungkin mendapati diri Anda buang air kecil lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh Anda meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal Anda memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih Anda.

Baca Juga: Top Skor Liga Champions: Erling Haaland Jadi Pencetak Gol Terbanyak Pekan 4

5. Tubuh Cepat Lelah

Tubuh yang cepat merasa lelah adalah gejala hamil yang kerap luput dari perhatian. Kelelahan juga menempati peringkat tinggi di antara gejala awal kehamilan. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebab kantuk selama trimester pertama kehamilan. Namun, peningkatan pesat kadar hormon progesteron selama awal kehamilan dapat menyebabkan tubuh cenderung cepat lelah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×