CLOSE [X]

6 Makanan untuk Tekanan Darah Rendah yang Bisa Jadi Opsi

Selasa, 18 Januari 2022 | 12:04 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Makanan untuk Tekanan Darah Rendah yang Bisa Jadi Opsi

ILUSTRASI. Wortel adalah salah satu makanan untuk tekanan darah rendah.


KONTAN.CO.ID - Penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi merupakan salah satu penyakit yang bisa Anda alami. Untuk menghindari masalah kesehatan lain yang lebih serius, Anda perlu mulai rutin mengonsumsi makanan untuk tekanan darah rendah.

Umumnya, ada beberapa gejala yang Anda alami saat tekanan darah rendah terjadi. Mulai dari pusing, konsentrasi berkurang, mual, hingga pingsan. Dalam kasus yang ekstrem, hipotensi dapat mengancam nyawa Anda.

Segera periksakan diri ke dokter jika Anda sering merasakan gejala itu. Nantinya, dokter akan memeriksa kondisi Anda dan akan membersihkan perawatan sesuai diagnosa.

Agar kondisi kesehatan tak semakin parah, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan ini secara rutin:

Wortel

Wortel termasuk salah satu makanan untuk darah rendah yang bisa Anda coba. Kandungan dalam jenis sayur itu mampu melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah pun menjadi lebih stabil.

Thehealthsite.com merekomendasikan Anda untuk minum jus wortel di pagi dan malam hari.

Baca Juga: Catat! Ini Sederet Aktivitas Sehari-Hari yang Memicu Asam Lambung Naik

Bawang putih

Makanan untuk darah rendah berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah bawang putih. Konsumsi dua butir bawang putih tiap sebelum tidur atau campurkan bahan alami itu pada masakan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Dengan begitu, kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Lemon

Lemon termasuk makanan untuk tekanan darah rendah.

Cobalah untuk mengonsumsi lemon supaya tekanan darah Anda kembali normal, apalagi saat tekanan darah turun karena dehidrasi.

Sama seperti wortel, antioksidan dan kandungan lain dalam lemon mampu melancarkan aliran darah sehingga berpengaruh pada tekanan darah Anda.

Setiap kali Anda merasakan gejala-gejala tekanan darah, cobalah untuk minum satu gelas air lemon. Anda bisa menambahkan sedikit gula dan garam supaya rasanya semakin lezat.

Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi air lemon secara rutin, tidak hanya menunggu saat gejala hipotensi muncul.

Baca Juga: Meredakan Asam Lambung, Ini Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Timun

Salah satu faktor yang memperparah tekanan darah rendah adalah dehidrasi atau kondisi tubuh yang kekurangan cairan. Nah, Anda bisa menghindari dehidrasi dengan mengonsumsi bahan alami yang mengandung banyak air, seperti timun.

Susu dan kacang almond

Thehealthsite.com merekomendasikan susu dan kacang almond untuk mengontrol tekanan darah Anda. Caranya, rendam empat hingga lima kacang almond selama semalaman. Di pagi hari, kupas kulit kacang almond tersebut.

Setelah itu, olah kacang almond menjadi pasta lalu masukkan pada segelas susu hangat. Supaya hipotensi bisa teratasi dengan baik, cobalah untuk mengonsumsi susu dan kacang almond itu setiap hari selama beberapa minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru