6 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Selasa, 19 April 2022 | 13:58 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
6 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

ILUSTRASI. Brokoli, makanan penurun tekanan darah tinggi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Darah tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan Ini makanan penurun tekanan darah tinggi yang bisa Anda konsumsi sehari-hari.  

Mungkin sebagian orang menganggap remeh tekanan darah tinggi. Padahal, tekanan darah tinggi bisa memicu berbagai penyakit kronis seperti jantung dan stroke. 

Baca Juga: Aturan Konsumsi Mentimun untuk Menurunkan Gula Darah pada Penderita Diabetes.

Sekedar info, seseorang mengalami tekanan darah tinggi bila skor tekanan darah berada di atas 120/80 mmHg (orang dewasa). 

Mengutip dari Kompas.com, tekanan darah tinggi ditandai dengan beberapa gejala seperti: 

  • Sakit kepala
  • Sesak napas
  • Mimisan 
  • Pusing 
  • Nyeri di bagian dada 
  • Perubahan visual
  • Keluar darah melalui urin 

Perlu Anda ketahui, gejala tersebut tidak dialami oleh semua orang yang tengah menderita darah tinggi. 

Untuk menghindari berbagai risiko kesehatan akibat darah tinggi, sebaiknya Anda memeriksa tekanan darah secara rutin. 

Makanan penurun tekanan darah tinggi 

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi tidak perlu khawatir. Sebab, darah tinggi bisa diturunkan dengan berbagai cara seperti olahraga secara teratur, menjalankan gaya hidup sehat, dan mengatur pola makan. 

Merangkum dari Cleveland Clinic beberapa jenis makanan bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan catatan, Anda mengonsumsinya dengan cara dan ukuran yang tepat. 

Ini makanan penurun tekanan darah tinggi yang bisa Anda coba: 

1. Makanan tinggi vitamin C 

Makanan kaya vitamin C bisa melindungi Anda dari stres oksidatif yang menyebabkan peradangan. 

Beberapa jenis makanan yang tinggi vitamin C adalah paprika, kiwi, brokoli, kubis brussel, stroberi, dan ubi jalar. 

2. Makanan tinggi vitamin E 

Selain makanan yang mengandung vitamin C, makanan tinggi vitamin E juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Nutrisi yang larut dalam lemak bertindak sebagai antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Beberapa contoh makanan yang kaya vitamin E adalah kacang almond, alpukat, biji bunga matahari, selai kacang, dan ikan salmon. 

3 Makanan tinggi ptasium 

Potasium membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan merelaksasi dinding pembuluh darah dan membantu tubuh menghilangkan natrium yang berlebihan. 

Beberapa jenis makanan yang mengandung potasium adalah pisang, kentang, bayam, tomat, wortel, dan pisang. 

4. Makanan tinggi selenium 

Selenium merupakan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif. 

Untuk mendapatkan asupan selenium Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi ayam turki, tuna, udang, dan kacang brazil. 

5. Makanan tinggi L-arginin 

L-arginin membantu membuat oksida nitrat, bahan kimia yang membantu mengendurkan sel-sel otot. 

Beberapa penelitian menunjukkan makanan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah. 

Beberapa jenis makanan yang mengandung L-arginin adalah daging, unggas, biji-bijian, susu, yogurt, dan keju. 

6. Makanan tinggi kalsium 

Makanan yang mengandung kalsium bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

Beberapa jenis makanan yang menjadi sumber kalsium adalah kacang almond, brokoli, kacang kering, kacang polong, dan susu non dairy. 

Baca Juga: Ingin Kadar Gula Darah Stabil? Hindari Melakukan 6 Aktivitas Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru