kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,50   -13,12   -1.53%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Makanan Diet Rendah Kalori yang Perlu Diketahui, Catat!


Senin, 06 November 2023 / 04:42 WIB
6 Makanan Diet Rendah Kalori yang Perlu Diketahui, Catat!


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Ada banyak makanan diet rendah kalori yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi. Selain itu, makanan diet rendah kalori juga membarikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dalam era di mana gaya hidup sehat semakin diutamakan, banyak orang mencari cara untuk menjaga berat badan ideal mereka. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan mengadopsi pola makan rendah kalori. Pola makan ini tidak hanya membantu dalam penurunan berat badan, tetapi juga mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Makanan diet rendah kalori adalah pilihan cerdas bagi mereka yang ingin mengontrol asupan kalori tanpa mengorbankan nutrisi penting.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan yang Menakjubkan, Catat Ya!

Melansir dari Healthline, berikut beberapa makanan diet rendah kalori di antaranya:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung adalah sumber serat tinggi dan rendah kalori. Serat membantu menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga mengurangi keinginan untuk makan berlebihan. Selain itu, sayuran hijau kaya akan nutrisi seperti vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan Jika Dikonsumsi Dengan Benar

2. Buah-Buahan Segar

Buah-buahan segar seperti apel, stroberi, dan jeruk adalah camilan sehat yang rendah kalori. Mereka mengandung serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi kesehatan tubuh. Buah-buahan juga memberikan rasa manis alami, mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan manis tinggi gula.

3. Protein Rendah Lemak

Protein adalah komponen penting dalam diet, terutama bagi mereka yang ingin menjaga massa otot sambil menurunkan berat badan. Pilihan protein rendah lemak meliputi ayam tanpa kulit, ikan, tofu, dan kacang-kacangan. Protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, sementara versi rendah lemaknya membantu mengurangi asupan kalori.

Baca Juga: Kenali 6 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

4. Karbohidrat Komplex

Pilihlah karbohidrat kompleks seperti quinoa, beras merah, dan oats. Karbohidrat kompleks mengandung serat yang lebih banyak daripada karbohidrat sederhana seperti tepung putih. Mereka memberikan energi yang stabil dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

5. Produk Susu Rendah Lemak

Produk susu rendah lemak seperti yogurt tanpa gula tambahan, susu almond, atau susu kedelai adalah sumber kalsium yang baik dan rendah kalori. Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi, serta berperan dalam menjaga tekanan darah normal.

Baca Juga: 5 Manfaat Jengkol Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Baik Untuk Tulang

6. Minyak Sehat

Pilih minyak sehat seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak biji rami. Meskipun minyak ini mengandung kalori, mereka juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk jantung. Gunakan minyak ini secukupnya untuk memasak agar hidangan tetap rendah kalori.

Makanan diet rendah kalori tidak hanya membantu dalam penurunan berat badan, tetapi juga mendukung kesehatan jangka panjang. Penting untuk diingat bahwa diet rendah kalori harus seimbang dan mencakup berbagai macam makanan sehat untuk memastikan tubuh mendapatkan semua nutrisi yang diperlukan. Selain itu, penting juga untuk mencocokkan pola makan dengan tingkat aktivitas fisik dan kebutuhan kalori individu. Dengan menggabungkan makanan diet rendah kalori ini dengan olahraga teratur, Anda dapat mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat dengan cara yang berkelanjutan dan aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Negotiation For Everyone

[X]
×