6 Gejala Penyakit Ginjal yang Bisa Terjadi, Apa Saja?

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Gejala Penyakit Ginjal yang Bisa Terjadi, Apa Saja?

ILUSTRASI. Ada banyak gejala penyakit ginjal yang bisa Anda alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda perlu segera mengatasi gejala penyakit ginjal yang Anda alami. Tujuannya supaya kondisi ginjal tak semakin buruk sehingga kesehatan Anda tidak terus terganggu. Semakin cepat Anda melakukan pengobatan, semakin rendah pula risiko kesehatan yang perlu Anda tanggung.

Dengan memperhatikan gejalanya, Anda bisa mendapat perawatan secara cepat dan tepat sehingga kondisi ginjal bisa terselamatkan. Biasanya, penyakit ginjal muncul saat ada penyakit lain yang Anda alami.

Misalnya, penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan lain-lain. Cobalah untuk mengontrol penyakit itu secara maksimal. Dengan begitu, kondisi kesehatan ginjal Anda bisa tetap terjaga. Jika Anda mengalami beberapa gejala berikut, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Nyeri Dada

Seperti yang sudah dikatakan, penyakit ginjal mengakibatkan penumpukan cairan. Hal itu juga bisa terjadi di paru-paru. Saat kondisi tersebut terjadi, Anda akan mengalami nyeri dada, bahkan sesak napas. Maka dari itu, Anda perlu mewaspadai gejala tersebut.

Baca Juga: Sering Tidak Disadari! Ini Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Nafsu Makan Turun

Penyakit ginjal dapat ditandai dengan nafsu makan yang turun. Melansir Aria Med Tour (ariamedtour.com), hal itu terjadi akibat penumpukan racun dalam tubuh. Selain nafsu makan berkurang, Anda juga sering mengalami mual dan muntah akibat penyakit ginjal.

Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil termasuk gejala penyakit ginjal.

Sering buang air kecil jadi gejala penyakit ginjal lainnya yang bisa Anda alami. Bahkan, Anda bisa mengeluarkan kencing yang berbuih dan bercampur dengan darah. Buih dan darah yang keluar jadi tanda bahwa ginjal gagal menyaring nutrisi penting untuk tetap tinggal dalam tubuh.

Mata Bengkak

Apakah Anda memiliki mata bengkak? Jika Anda sudah melakukan berbagai macam cara mengatasi mata bengkak, tapi tak ada hasil yang terlihat, Anda perlu waspada. Kondisi itu bisa jadi salah satu gejala penyakit ginjal.

Salah satu fungsi ginjal adalah mengatur cairan dalam tubuh. Bila fungsi itu tak bisa berjalan maksimal, ada banyak penumpukan cairan di tubuh, salah satunya terlihat di bagian mata. Meski demikian, mata bengkak yang tak kunjung hilang juga bisa terjadi akibat penyakit liver. Jadi, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Bisa Anda Alami

Kaki Bengkak

Selain pembengkakan di bagian mata, pembengkakan karena adanya masalah ginjal juga bisa terjadi di bagian kaki. Ginjal gagal membuang natrium dari tubuh. Akibatnya, bagian kaki Anda menjadi lebih besar daripada ukuran normal.

Kulit Gatal

Aria Med Tour menyebutkan bahwa penyakit ginjal bisa ditandai dengan kulit yang terus terasa gatal. Ketidakseimbangan mineral dalam tubuh karena ginjal tidak bisa melakukan fungsinya dengan maksimal mengakibatkan rasa gatal yang terjadi secara terus-menerus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru