Reproduksi dan Seks

6 Ciri-ciri orang hamil ini bisa Anda alami, apa saja?

Rabu, 26 Mei 2021 | 12:11 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Ciri-ciri orang hamil ini bisa Anda alami, apa saja?

ILUSTRASI. Ciri-ciri orang hamil ini perlu Anda ketahui.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beberapa jenis tes yang bisa Anda coba untuk menentukan apakah Anda benar-benar hamil atau tidak. Selain itu, Anda juga bisa memerhatikan ciri-ciri orang hamil. Misalnya, muncul rasa mual di pagi hari atau morning sickness, kelelahan, dan lain sebagainya.

Melansir Healthline (healthline.com), gejala hamil yang dirasakan tiap orang berbeda, tergantung dari masa kehamilan. Pada minggu pertama hingga ke-4, gejala yang Anda alami adalah jadwal menstruasi yang tidak datang dan muncul kram ringan.

Hal yang berbeda juga Anda alami saat usia kehamilan memasuki minggu ke-5 hingga minggu ke-12. Misalnya, payudara terasa nyeri, sering buang air kecil, perut kembung, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami gejala-gejala berikut, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Suhu Tubuh Meningkat

Di masa awal kehamilan, suhu tubuh yang meningkat merupakan hal wajar. Apalagi saat Anda melakukan banyak aktivitas fisik atau cuaca sedang panas. Supaya kondisi tubuh Anda tetap terjaga, cobalah untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum air putih.

Baca Juga: Inilah 4 Ciri-ciri hamil 2 minggu yang bisa Anda alami

Detak Jantung Meningkat

Selain suhu tubuh, detak jantung juga bisa meningkat saat hamil. Biasanya, kondisi itu terjadi akibat perubahan hormon dan terjadi di usia kehamilan minggu ke-8 hingga ke-10. Jika Anda memiliki masalah pada jantung, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Mood Berubah

Ciri-ciri orang hamil selanjutnya adalah mood atau perasaan yang tidak stabil. Perubahan mood ini dikarenakan peningkatan jumlah hormon estrogen dan progesteron. Anda perlu mengatasi perubahan mood itu dengan baik supaya risiko depresi, gangguan kecemasan, dan gangguan psikologis lain bisa Anda hindari.

Sembelit dan Perut Kembung

Seperti yang telah disebutkan, salah satu tanda kehamilan adalah perut terasa kembung. Healthline menyebutkan bahwa hal itu terjadi akibat perubahan hormon yang berpengaruh pada sistem pencernaan Anda.

Baca Juga: Berikut hal-hal yang perlu calon suami persiapkan sebelum menikah

Berat Badan Bertambah

Salah satu ciri-ciri orang hamil adalah berat badan bertambah.

Ciri-ciri orang hamil berikuntnya yang sering terjadi adalah berat badan bertambah. Apalagi saat usia kehamilan memasuki akhir trimester pertama. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kondisi itu karena berat badan masih bisa turun setelah Anda melahirkan.

Muncul Heartburn

Heartburn adalah kondisi di mana Anda merasakan sensasi terbakar dalam tubuh Anda. Perubahan hormon mengganggu fungsi katup antara lambung dan kerongkongan sehingga asam lambung bisa naik ke saluran pencernaan atas.

Untuk menghindari heartburn, ada beberapa hal yang bisa Anda coba. Pertama, konsumsi makanan dalam jumlah kecil. Kedua, usahakan untuk tetap duduk minimal satu jam setelah makan supaya makanan bisa tercerna dengan baik.

Selanjutnya: ‚ÄčInilah penyebab kaki bengkak saat hamil di setiap trimester

 

Editor: Belladina Biananda
Terbaru