kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami, Efektif dan Ampuh Meredakan Pilek


Jumat, 04 Maret 2022 / 11:28 WIB
6 Cara Menyembuhkan Flu Secara Alami, Efektif dan Ampuh Meredakan Pilek
ILUSTRASI. Ilustrasi cara menyembuhkan flu.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menyembuhkan flu atau pilek secara alami adalah alternatif dari banyaknya cara yang bisa Anda pilih tanpa mengkonsumsi obat berbahan kimia. Flu atau pilek merupakan salah satu penyakit yang kerap dialami banyak orang. 

Flu atau pilek adalah infeksi di saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. 

Terdapat beberapa gejala yang sering ditimbulkan flu, di antaranya hidung tersumbat, sakit tenggorokan, sakit menelan, suara serak, batuk dan masih banyak lagi gejala flu lainnya. 

Baca Juga: Cari Pelembap Kulit? Gunakan 5 Bahan Alami Ini, Cocok untuk Jadi Moisturizer

Virus yang menyebabkan flu sangat mudah menular terlebih di masa pandemi Covid-19 yang mempunyai beberapa gejala serupa dengan flu. 

Melansir dari Everyday Health, terdapat beberapa cara efektif menyembuhkan flu secara alami. Di antaranya sebagai berikut: 

1. Tidur

Tidur merupakan salah satu cara meredakan flu yang bisa dibilang efektif. Tubuh yang sedang tidak sehat membutuhkan waktu istirahat yang ekstra, oleh karena itu tidur menjadi solusi pertama menyembuhkan flu secara alami. 

2. Berkumur Air Garam 

Selain beristirahat yang cukup, berkumur dengan air garam juga bisa menjadi alternatif meredakan flu. Hal tersebut dikarenakan berkumur dengan air garam mampu mengurangi pembengkakan di tenggorokan dan menghilangkan bakteri atau virus yang menempel. 

3. Permen Pereda Tenggorokan yang Mengandung Zinc

Jika tenggorokan Anda terasa tidak nyaman saat flu, mengkonsumsi permen pereda tenggorokan yang mengandung zinc bisa menjadi solusi. Zinc dapat membantu meningkatkan kekebalan, yang dapat mempersingkat durasi atau tingkat keparahan flu

Baca Juga: 5 Cara Mengeluarkan Dahak Membandel, Efektif Bikin Tenggorokan Lega

4. Memperbanyak Minum Air Putih 

Asupan cairan yang cukup bisa membantu menyembuhkan flu. Jika tubuh mengalami dehidrasi, flu cenderung lebih sulit sembuh. 

Hal tersebut dikarena sistem kekebalan tubuh tidak berjalan maksimal, sehingga virus yang menyebabkan flu tidak cepat teratasi.




TERBARU

[X]
×