kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Tetap Baik


Selasa, 08 Maret 2022 / 09:15 WIB
6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Penglihatan Tetap Baik
ILUSTRASI. Ilustrasi kesehatan mata.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Mata adalah salah satu indera yang penting bagi manusia yang berfungsi untuk melihat. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar indera penglihatan tersebut bisa berfungsi dengan baik. 

Terdapat beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Salah satunya dengan menjaga gaya hidup sehat. 

Pada dasarnya fungsi mata juga bisa menurun seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia. Meski demikian, upaya menjaga kesehatan mata tidaklah sia-sia karena dampaknya akan sangat terasa saat usia mulai menua. 

Baca Juga: Ketahui 5 Makanan yang Mengadung Vitamin E Tinggi Baik untuk Kesehatan

Melansir dari WebMD, berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan bisa berfungsi dengan baik. Di antaranya: 

1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara menjaga kesehatan mata yang pertama adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat. 

Kesehatan mata yang baik dimulai dengan makanan di piring Anda. Nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti degenerasi makula dan katarak. 

2. Berhenti Merokok

Selain mengkonsumsi makanan sehat, berhenti merokok juga merupakan keputusan yang bijak untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, berhenti merokok juga baik untuk kesehatan oragn tubuh lainnya. 

3. Kenakan Kacamata Hitam

Menggunakan kacamata hitam saat beraktivitas di luar ruangan adalah salah satu cara menjaga kesehatan mata yang cukup praktis. 

Pasalnya, kacamata hitam mampu membantu melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) matahari. Serta terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga: 5 Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai

4. Gunakan Kacamata Safety

Jika Anda seorang yang melakukan aktivitas ekstrem, menggunakan kacamata safety penting untuk dilakukan demi menjaga kesehatan mata. 

5. Jangan Menatap Layar Terlalu Lama

Terlalu lama menatap layar tidak baik untuk kesehatan mata loh. Contohnya, sepeti menatap layar komputer, tv, hingga smartphone terlalu lama akan membuat mata capek, pandangan kabur, minus dan berbagai masalah mata lainnya. 

Oleh karena itu cara menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah dengan mengurangi tatapan ke layar terlalu lama. 

6. Kunjungi Dokter Mata Secara Teratur

Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan anak kecil. Hal tersebut membantu menjaga kesehatan mata dan memungkinkan penglihatan berjalan dengan baik. 

Pemeriksaan mata ke dokter juga dapat menemukan berbagai penyakit, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Cara ini terbilang cukup efektif untuk menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×