6 Cara menghilangkan komedo secara alami, wajib coba

Senin, 06 Desember 2021 | 12:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara menghilangkan komedo secara alami, wajib coba

ILUSTRASI. Ada banyak cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda jadikan opsi.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebum, debu, dan jenis kotoran lain yang menyumbat pori-pori kulit bisa menimbulkan komedo. Jika dibiarkan, komedo bisa semakin parah dan memicu masalah kulit yang lain. Karena itu, segera coba cara menghilangkan komedo secara alami.

Alih-alih menggunakan produk penghilang komedo yang terbuat dari bahan kimia, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda. Selain membersihkan komedo yang membandel, nutrisi dalam bahan alami yang Anda pakai mampu meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Namun, pastikan untuk menggunakan bahan alami ini secara rutin, ya. Jika tidak, efek yang Anda inginkan sulit terjadi. Komedo yang tak kunjung hilang justru bisa menyebabkan masalah yang lebih parah, misalnya jerawat.

Cuka Apel

Zat asam yang terkandung dalam cuka apel mampu membersihkan pori-pori kulit dan memperkecil ukurannya. Selain itu, cuka apel juga dipenuhi dengan antiinflamasi dan antibakteri sehingga bisa mencegah masalah kulit yang lain.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam, praktis dan mudah dicoba

Lidah Buaya

Mengutip dari The Orange Petals (theorangepetals.com), lidah buaya efektif menghilangkan komedo karena mengandung antiinflamasi dan antioksidan. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya secara langsung pada kulit.

Oatmeal

Gunakan oatmeal sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Cara menghilangkan komedo secara alami yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan memanfaatkan oatmeal. Bahan alami itu mengandung antiinflamasi dan mampu mengurangi produksi minyak serta mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Pertama, campur 2 sdt oatmeal, ½ sdt air lemon, ½ sdt madu, dan satu sendok brown sugar. Gosokkan campuran itu pada kulit wajah dengan gerakan memutar selama lima hingga tujuh menit. Selanjutnya, diamkan dulu selama beberapa menit lagi lalu bilas dengan air.

Lemon

Lemon jadi bahan alami lain yang cocok dijadikan sebagai penghilang komedo. Campur lemon dengan air kemudian aplikasikan pada area kulit yang berkomedo. Diamkan dulu selama 20 menit sebelum Anda membersihkannya dengan air.

Baca Juga: 7 Bahan alami ini bisa Anda gunakan sebagai masker komedo

Kayu Manis

Kayu manis bisa jadi cara menghilangkan komedo secara alami.

The Orange Petals merekomendasikan kayu manis untuk menghilangkan komedo yang Anda miliki. Sama seperti putih telur, kayu manis dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan lembut. Tidak berhenti sampai di situ, antimikroba dalam kayu manis pun mampu mencegah munculnya jerawat.

Caranya, campur 1 sdt bubuk kayu manis dengan ½ sdt air lemon. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa mengganti air lemon dengan air mawar jika mau.

Putih Telur

Jika Anda mencari cara menghilangkan komedo secara alami, memanfaatkan putih telur bisa Anda jadikan pilihan. Selain menghilangkan komedo, bahan alami itu juga mampu mencerahkan dan membuat kulit terasa semakin lembut dan kencang.

Pertama, pisahkan putih telur dari kuning telur lalu kocok putih telur hingga berbusa. Selanjutnya, aplikasikan putih telur itu pada wajah dan diamkan dulu selama minimal 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru