kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Cara menghilangkan flek hitam, praktis dan mudah dicoba


Sabtu, 04 Desember 2021 / 11:00 WIB
4 Cara menghilangkan flek hitam, praktis dan mudah dicoba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Selain jerawat dan komedo, flek hitam merupakan salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasinya, ada banyak bahan alami yang berguna sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Lidah buaya adalah salah satu jenis bahan alami yang biasa dipakai untuk menyamarkan flek hitam. Alasannya karena vitamin, mineral, enzim, asam salisilat, asam amino, dan kandungan lain di dalamnya. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit secara teratur.

Tidak hanya lidah buaya, masih ada segudang bahan alami yang dapat Anda pakai untuk menyamarkan flek hitam. Tidak perlu khawatir, bahan-bahan berikut ini cukup mudah untuk Anda temukan. Harganya pun relatif terjangkau.

Tomat

Tomat jadi bahan alami selanjutnya yang dapat dimanfaatkan sebagai penghilang flek hitam. Mengutip dari Mind Body Green, aplikasikan ekstrak tomat yang berbentuk pasta pada kulit wajah Anda. Diamkan selama 5-10 menit sebelum Anda membilasnya dengan air hangat.

Baca Juga: Cara menghilangkan flek hitam di kulit wajah secara mudah, tanpa ke klinik kecantikan

Cuka apel

Pakai cuka apel sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Cara menghilangkan flek hitam yang cukup efektif adalah memakai cuka apel. Antiinflamasi dalam cuka apel membatu meredakan peradangan akibat jerawat atau faktor lain. Dengan begitu, risiko flek hitam dapat Anda hindari.

Kandungan dalam cuka apel juga bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah menjadi lebih cerah. Namun, cuka apel memiliki kandungan asam yang cukup tinggi sehingga Anda perlu melarutkannya dengan air terlebih dahulu sebelum Anda memakainya di kulit.

Baca Juga: 5 Bahan alami ini bisa menjadi moisturizer untuk kulit kering

Pepaya

Mind Body Green menyebutkan, pepaya bisa dijadikan penghilang flek hitam. Selain mencerahkan warna kulit, enzim dan kandungan lain dalam pepaya juga efektif meratakan tekstur kulit.

Pertama, tumbuk daging buah pepaya sampai halus. Anda bisa menambahkan madu pada pepaya tersebut supaya hasilnya lebih maksimal. Setelah teraduk rata, aplikasikan masker tersebut pada kulit selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Yogurt

Gunakan yogurt sebagai cara menghilangkan flek hitam.

Selanjutnya, pakailah yogurt sebagai cara menghilangkan flek hitam. Yogurt memiliki asam laktat yang bisa membersihkan sel kulit mati sehingga flek hitam pun berkurang. Jika Anda ingin memakai yogurt, pastikan untuk memilih yogurt organik tanpa pemanis, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×