kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,36   -4,57   -0.46%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Puasa, Mulai dari Kurangi Gorengan


Rabu, 29 Maret 2023 / 15:03 WIB
6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Puasa, Mulai dari Kurangi Gorengan
ILUSTRASI. 6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan saat Puasa, Kumur Air Garam hingga Makan Sup


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa yang mudah dilakukan. Puasa menjadi salah satu ibadah di bulan Ramadhan dengan menahan untuk makan dan minum.

Tentunya, kondisi tubuh yang tidak makan dan minum selama belasan jam akan berpengaruh ke kondisi tenggorokan.

Kondisi tenggorokan saat puasa dapat bervariasi tergantung pada individu dan faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan tenggorokan. Beberapa kondisi tenggorokan yang mungkin terjadi selama puasa antara lain:

Saat berpuasa, Anda mungkin merasa tenggorokan menjadi kering dan sakit karena kurangnya cairan dalam tubuh. Pastikan untuk minum cukup air setelah berbuka puasa dan selama waktu makan di malam hari.

Baca Juga: Kenali 7 Makanan Pengganti Nasi untuk Sahur yang Rendah Glukosa

Cara mengatasi Sakit Tenggorokan saat puasa

Selain itu, Tenggorokan yang teriritasi karena alergi atau infeksi saluran pernapasan atas dapat menyebabkan produksi lendir atau batuk. Usahakan untuk menghindari alergen yang dapat memicu reaksi

Sakit tenggorokan saat puasa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah:

  • Dehidrasi: Ketika Anda berpuasa, tubuh Anda kekurangan cairan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan sakit. Pastikan untuk minum cukup air setelah berbuka puasa dan selama waktu makan di malam hari.
  • Sinusitis: Sinusitis adalah infeksi pada sinus dan dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Kondisi ini dapat terjadi karena terlalu sering menggunakan AC atau pemanas ruangan yang membuat udara menjadi kering. Cobalah untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan dengan menggunakan humidifier atau menambahkan beberapa tanaman yang dapat membantu menjaga udara tetap sehat.
  • Infeksi saluran pernapasan atas: Infeksi pada saluran pernapasan seperti pilek atau flu dapat menyebabkan sakit tenggorokan. Usahakan untuk menjaga kebersihan tangan dan menghindari orang yang sakit untuk mengurangi risiko terkena infeksi.
  • Alergi: Alergi dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan membuatnya sakit. Cobalah untuk menghindari alergen yang dapat memicu reaksi alergi.

Jika sakit tenggorokan saat berpuasa terus berlanjut dan menyebabkan rasa sakit yang tidak nyaman, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran lebih lanjut.

Simak beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa dilansir dari NHS UK.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi saat Puasa, Mulai dari Sikat Gigi Rutin

Cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa

1. Kumur Air Garam

Kumur air garam sebagai cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa

Pertama, cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa adalah dengan kumur air garam. Hal ini dapat dilakukan dengan baik saat berbuka puasa atau saat sahur.

Garam mengandung sifat anti-inflamasi. Yang sifatnya ini mampu mengatasi sakit tenggorokan.

Cara membuatnya cukup mudah dengan memasukkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Untuk hasil yang maksimal tambahkan madu ke dalam campuran tersebut. Jika hal ini dilakukan secara rutin, maka bengkak di tenggorokan bisa teratasi.

2. Minum air putih

Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Anda bisa membagi waktu untuk minum air, baik itu saat berbuka puasa, malam atau saat imsakiyah.

Dengan minum air putih yang cukup, tenggorokan tidak akan terasa kering dan rasa nyeri akan teratasi.

3. Kurangi gorengan

cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa

Selanjutnya, orang berpuasa tentu bisa mengurangi makanan berlemak dan minyak pada saat buka dan sahur.

Makanan yang dimasak dengan cara digoreng mengandung banyak minyak, sebaiknya makanan ini dihindari saat sakit tenggorokan agar sakitnya tidak semakin parah.

4. Makan Sup

Sup merupakan menu yang tepat untuk Anda yang sedang sakit tenggorokan. Saat sakit tenggorokan tentu membuat kesulitan menelan makanan.

Untuk mengatasinya bisa mengkonsumsi soto yang dicampur dengan asam jawa. Kandungan asam jawa dapat membunuh bakteri dalam tubuh dan melawan peradangan yang terjadi.

5. Minum Suplemen dan Buah

Kemudian, salah satu cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa adalah konsumsi buah dan suplemen kaya vitamain.

Vitamin C yang didapat dari makanan dan minuman tertentu dapat membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan. Selain mengatasi sakit tenggorokan, kandungan vitamin C juga bisa membuat daya tahan tubuh meningkat.

Makanan kaya vitamin C antara lain jeruk, jambu biji merah, kiwi, stroberi, anggur dan lain sebagainya.

6. Istirahat cukup

Cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa

Selain cara-cara di atas, untuk mengatasi sakit tenggorokan saat berpuasa, Anda memiliki waktu istirahat yang cukup.

Waktu istirahat cukup pada malam hari, atau Anda bisa tidur siang sekitar 30 menit. Dengan beristirahat maka dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit atau virus penyebab.

Demikian beberapa cara mengatasi sakit tenggorokan saat puasa mulai dari air garam hingga makan sup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×